Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.8%

2.5%

26.3%

2.6%

49.9%

0.1%

9.1%

0%

Tampilkan Tarian Beragam Etnis

18
0
SENI BUDAYA. Para penari dari sanggar Sekar Manis menampilkan tari kipas khas Sulawesi Selatan pada pagelaran Kibar Budaya Jilid 5 di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Minggu (17/11). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Kibar Budaya Jilid 5 menampilkan kesenian dari rumpun tari di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Minggu (17/11). Apresiator disuguhkan beragam tarian khas beragam etnis dari para penari muda lokal.

Dalam pagelaran tersebut, ditampilkan tarian dari etnis Papua, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatra, Bali, Aceh dan Jawa Barat. Para penarinya dari berbagai sanggar yakni Sanggar Dewa Motekar, Sanggar Adi Luhung, Sanggar Kirana Sarambit, Sanggar Mayang Binangkit dan Sanggar Sekar Manis.

Wakil Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) Hendra J. Rustandi mengatakan bahwa pihaknya ingin menunjukkan kemampuan dari para penari lokal. Selain itu, juga ingin mengedukasi masyarakat terhadap budaya-budaya etnis lain. “Penari kita mampu melakukan tarian-tarian dari etnis lain,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porabudpar) Kota Tasikmalaya Hadian bangga melihat para penari muda. Karena regenerasi tarian daerah di Kota Resik ini masih terus berjalan. “Estafet dari yang sudah senior ke generasi muda,” tutur dia.

Regenerasi ini salah satu bentuk lestarinya budaya tradisional di Kota Tasikmalaya. Selain budaya lokal, juga budaya dari daerah lain yang bersifat positif. “Inilah yang dinamakan melestarikan budaya dan seni,” katanya.

Kelestarian seni budaya daerah sangat penting untuk kehidupan masyarakat. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri ancaman budaya asing menjamur melalui berbagai cara. “Melalui sinetron, pakaian dan budaya lainnya,” tuturnya.

Pada pagelaran Kibar Budaya Jilid 5 tadi malam, penyelenggara juga memberikan apresiasi kepada sanggar yang telah mendukung pagelaran tersebut dengan menampilkan performa para penari di atas panggung. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.