Tanam Pohon di Proyek Drainase

26

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINDANGKASIH – Sejumlah warga Desa Gunungcupu Kecamatan Sindangkasih menanam pohon pisang dan memasang pot bunga di titik pengerjaan proyek perbaikan drainase, Senin (5/11). Aksi ini sebagai bentuk protes warga atas lambatnya pengerjaan proyek tersebut.

Pengusaha depot isi ulang air minum Rahmanto (31) menyatakan warga seringkali mengingatkan kepada mandor proyek agar mempercepat pengerjaan perbaikan drainase. Namun, tetap saja pekerjaannya molor. Seringkali terhenti karena tidak ada material. Maka dari itu, para pengusaha di titik proyek tersebut banyak yang rugi. “Wajar bila banyak pengusaha yang protes dengan perbaikan drainase tersebut,” jelas Rahmanto kepada Radar di lokasi.

Rahmanto memang sangat senang dengan perbaikan drainase itu. Karena akan memperlancar aliran air di musim hujan. Namun demikian, pengerjaannya tidak boleh lelet. Lantaran, bisa melumpuhkan usaha warga setempat. Apalagi bila pengerjaannya sering terhenti.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunungcupu Iwan Rahmawan (47) menilai aksi yang dilakukan warga sangat wajar. Karena, di titik pengerjaan tersebut ada kecelakaan hingga meninggal dunia. Terlebih lagi pengerjaannya sangat lambat. Bahkan sekitar lima hari tidak ada pengerjaan sama sekali. “Warga banyak dirugikan. Terutama masyarakat di sini kebanyakan pedagang,” terangnya.

Menurut Iwan, proyek perbaikan drainase itu berasal dari pemerintah pusat. Namun demikian, dalam pelaksanaannya seharusnya berkoordinasi dulu dengan aparat desa dan warga setempat. Sementara, penanggung jawab proyek ini terkesan tidak punya tatak rama. Langsung saja mengerjakan proyek tanpa mempertimbangkan dampak yang luas. “Kami menekankan kepada pengusaha untuk datang kepada masyarakat, serta memberikan penjelasan persoalan tersebut agar masyarakat tahu persoalannya apa. Karena selama ini kami tidak mengetahui siapa pengusahanya itu,” tutur dia.

Sementara itu, saat dicari Radar di lokasi, pemborong proyek tersebut tidak ada. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.