MI Islamiyah Sukaresmi Kunjungi Radar Tasik

Tanamkan Budaya Literasi Sejak Dini

8

TASIK – Dalam rangka kegiatan field trip, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Sukaresmi Ciawi Kabupaten Tasikmalaya mengunjungi Graha Pena Radar Tasikmalaya Kamis (4/10). Kegiatan ini diikuti siswa kelas V dan VI.

Kepala MI Islamiyah Sukaresmi Ja’far Muttaqin SThI MAg mengatakan, field trip ini merupakan pembelajaran di luar sekolah untuk menambah wawasan siswa. Melalui kunjungan ke Graha Pena Radar Tasikmalaya ini siswa dikenalkan cara wawancara, membuat berita dan pembuatan koran. Siswa juga diajak untuk melihat secara langsung proses produksi tayangan televisi.

“Dengan mempelajari ilmu jurnalistik, bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, hal ini sesuai dengan kecakapan Abad 21,” jelasnya. Kunjungan ini pun, lanjutnya, bisa mendorong budaya menulis dan membaca di kalangan siswa. “Siswa belajar untuk mengeksplor objek yang dikunjungi sebagai materi ajar, sehingga belajar tidak melulu dalam kelas namun juga bisa dilakukan di luar kelas,” ujarnya.

Lebih lanjut Ja’far menjelaskan, field trip ini sebagai bagian dari program sekolah bertema literasi. “Jadi tahun ini kita dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) lebih banyak fokus ke literasi. Kami ingin menanamkan budaya literasi sejak dini,” terang Ja’far.

Sebelum kunjungan ke Graha Pena Radar Tasikmalaya, sambungnya, pihaknya mengundang salah satu percetakan buku untuk melakukan kegiatan reading day di lingkungan sekolah.

Salah satu siswa kelas VI Rasyid Rabbany mengaku senang berkunjung ke Graha Pena Radar Tasikmalaya. Ini adalah pengalaman pertama kalinya. “Senang karena bisa menambah wawasan dan jadi tahu bagaimana proses pembuatan koran dan proses syuting TV,” ujarnya.

Bahkan, sambungnya, ia diajak untuk syuting siaran live program Semangat Pagi. “Kita pun senang bisa diajak keliling melihat ruang studio siaran berita dan kantor Radar Tasikmalaya,” pungkasnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.