Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa

201
0
KEGIATAN. Universitas Pendidikan Tasikmalaya menggelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut.

TASIK – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya menggelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMTL) 2018 beberapa waktu lalu. Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu untuk menanamkan jiwa kepemimpinan di lingkup generasi muda.

Ketua Pelaksana Nur Khasanah mengatakan LKMTL mengusung tema Aktualisasi Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berwawasan Global dari Rema untuk Negeri. Kegiatannya berlangsung selama dua hari dengan diisi materi, seperti advokasi mahasiswa, kebijakan masyarakat dan yang lainnya.

“Kegiatannya seperti coaching kelompok, contoh diskusi menyelesaikan permasalahan di masyarakat, lomba orasi, ada kegiatan sertijab dan pemilihan ketua LKMTL. Inti dari kegiatan ini ingin menciptakan kader kepemimpinan Ormawa,” bebernya.

Presiden BEM Rema UPI Kampus Tasikmalaya Yusuf Maulana Abdul Karim mengatakan di kampusnya ada tahap pengkaderan kepemimpinan, mulai dari Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku), Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) dan terakhir LKMTL. Ini, kata dia, merupakan syarat yang harus dilalui oleh para peserta.

Tujuannya dari kegiatan itu sebagai implementasi untuk menjadi pemimpin yang baik di organisasinya maupun di masyarakat. “Jadi dengan latihan ini manajerialnya harus lebih mumpuni di organisasinya, peka terhadap isu di sekililingnya karena mahasiswa itu bukan hanya sebagai akademisi tapi juga perannya dalam upaya kontrol sosial di masyarakat,” terangnya Rabu (23/5).

Dijelaskannya, peserta yang mengikuti kegiatan nantinya akan mendapat sertifikat Surat Keterangan Pendamping Mahasiswa (SKPM) atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai nilai tambah bagi mahasiswa. “Jadi nanti setelah lulus punya sertifikat lebih, bukan hanya sebagai guru tapi juga punya keahlian di bidangnya masing-masing. Termasuk LKMTL ini sangat diperhitungkan dalam sidang nanti,” tandasnya. (mg2)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.