Tanamkan Jiwa Sosial Sejak Dini

3

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) At Taufiq Al Islamy Tasikmalaya mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat korban gempa Lombok.

Kepala SD IT At Taufiq Al Islamy Tasikmalaya Anna Solehah SKM menuturkan, pengumpulan donasi untuk Lombok dilakukan sejak beberapa minggu ke belakang. Selain siswa, guru dan orang tua siswa juga ikut berdonasi.

Siswa sangat antusias memberikan bantuannya, ada yang memberikan uang titipan dari orang tua, ada juga siswa yang mendonasikan uang jajannya.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap musibah yang menimpa masyarakat Lombok, sekaligus menjadi pembelajaran bagi siswa terkait kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan,” tutur Anna kepada Radar, Jumat (14/9).

Dia juga menjelaskan, besaran donasi yang diberikan variatif sesuai dengan kemampuan, namun yang paling utama adalah tumbuhnya kesadaran kepada peserta didik akan pentingnya berbagi dan bersedekah membantu sesama.

Melalui kegiatan berbagi ini, siswa menjadi lebih peka terhadap kondisi di sekitarnya dan memiliki rasa empati kepada sesama. “Dana yang dikumpulkan akan diserahkan kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pusat Ustadz Luthfi Abdul Aziz Al Hafiz, meskipun tidak begitu banyak tapi semoga bisa membantu meringankan beban para korban bencana gempa Lombok,” terangnya.

Menurutnya, menanamkan kepedulian atau sifat sosial sejak dini ini sangat penting, agar saat dewasa nanti anak terbiasa untuk membantu sesamanya. “Sebelum mengumpulkan donasi kami menceritakan kembali apa yang terjadi terhadap masyarakat Lombok, sehingga pengetahuan anak juga bertambah,” ujarnya. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.