Tangani Dugaan Korupsi Rutilahu, Kejari Kota Banjar Diapresiasi

126
0

BANJAR – Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banjar Ramdhani mengaku prihatin dengan terungkapnya beberapa kasus dugaan korupsi program rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kota Banjar.

Menurut dia, pelaku penyalahgunaan anggaran tidak memiliki perasaan. Sebab yang dikorupsi merupakan anggaran untuk warga tak mampu.

“Pertama saya ingin mengapresiasi pihak Kejari Kota Banjar dan Polres Banjar atas kinerjanya dalam penanganan kasus rutilahu. Saya sangat prihatin dalam perihal program rutilahu, masih terdapat oknum petugas yang ingin memuaskan hasrat duniawinya di atas hak-hak orang lain,” kata dia Jumat (12/7).

Padahal, lanjutnya, program rutilahu sejatinya diperuntukan bagi masyarakat yang kurang beruntung. “Mudah-mudahan persoalan ini dapat segera diselesaikan serta menjadikan ini sebagai pelajaran bagi kita semua untuk kedepannya supaya tidak terjadi persoalan serupa,” kata dia.

Dikonfirmasi terkait program rutilahu tahun 2016, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPRPKP Kota Banjar Acep Daryanto mengatakan saat itu belum menjadi kepala bidang yang menangani program rutilahu.

Namun untuk mengantisipasi kejadian serupa, Acep sudah mengumpulkan seluruh pihak terkait yang masuk dalam program rutilahu, termasuk masyarakat dari tingkat RT, desa hingga kecamatan.

“Kami sudah mengumpulkan semua yang berkaitan dan bersentuhan dengan rutilahu. Pada intinya menyampaikan bahkan prosedur dan aturan harus dijalani dengan baik serta dalam realisasi anggaran rutilahu harus benar-benar transparan dan tidak ada penyimpangan anggaran. Intinya itu,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Banjar mengusut dugaan korupsi program rutilahu tahun 2016 di tiga lokasi berbeda. Di antaranya di Desa Batu Lawang, Kelurahan Sukamukti dan Kelurahan Pataruman.

“Kami saat ini sedang proses pemeriksaan atas dugaan penyalahgunaan anggaran program rutilahu di tiga wilayah yang berbeda,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar Gunadi melalui Kasi Intelijen Ratno Timur. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.