Tanggul di Sukaharja Ciamis Jebol, 1,5 Hektar Sawah Terendam

1961
2
radartasikmalaya.com
Warga gotong royong berupaya memutup tanggu yang jebol dengan karung yang diisi tanah, Rabu (14/10). istimewa radartasikmalaya.com

CIAMIS – Tanggul Sungai Citeras di Dusun  Sukaharja  Desa Danasari Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis, jebol, Kamis  (14/10) sekitar pukul 07.00.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja lahan sawah seluas 1,5 hektar terendam air luapan sungai.

Dudung (50) warga Dusun Sukaharja saat dihubungi Radar menjelaskan, bahwa jebolnya tanggul sepanjang empat meter itu, akibat tergerus air Sungai Citeras yang deras karena diguyur hujan.

“Kemungkinan kejadianya malam hari. Saat pagi-pagi saya ke sawah, ternyata sudah terendam air. Alhamdulillah siangnya surut lagi.

“Saya tidak menyangka tanggul jebol. Untungnya sudah panen,” sambung Dudung.

Ditambahkan warga lainnya, Pipin Arifin (41) pihaknya meminta aparat terkait untuk segera membenahi tanggul.

Loading...

Sebab, sawahnya akan segera ditanami.”Jika saat tanam benih terendam air, padi akan rusak dan tidak bagus,” ungkap Pipin.

“Sementara ini upanya kami akan gotong royong perbaiki tanggul jebol dengan karung yang diisi tanah atau material. Setidaknya kalau sungai meluap tidak banyak masuk ke area pesawahan,” paparnya.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Tantan Arisyanto mengatakan, pihaknya sepakat dengan masyarakat sekitar, akan menutupnya dengan karung  yang  diisi tanah.

“Minimal para petani bisa kembali bercocok tanam. Untung air tidak sampai ke pemukiman warga, hanya menggenangi sekitar 1,5 hektar sawah saja,” teraJujur  baru di musim hujan ini ada tenggul sampai jebol. Artinya intensitas hujanya tinggi dan air sungai juga deras sekali, ” tuntasnya.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.