Tanggul Jebol, Sawah dan Kolam Rusak

23
AUDIENSI. Masyarakat Kampung Simareme dan Tetelar, Mekarjaya audiensi dengan kepala desa dan pengusaha pasir Galunggung meminta ganti rugi akibat tanggul jebol yang merusak pertanian dan perikanan warga Senin (3/12).

PADAKEMBANG – Puluhan warga Kampung Simareme dan Tetelar audiensi dengan pengusaha tambang pasir Galunggung di kantor Desa Mekarjaya Kecamatan Padakembang, Senin (3/12). Mereka meminta ganti rugi akibat jebolnya tanggul pertambangan yang mengakibatkan persawahan dan kolam ikan terendam.

Salah satu warga, Feri Pebrianto meminta pengusaha mengganti rugi akibat jebolnya tanggul yang berdampak terhadap lahan pertanian dan perikanan menjadi rusak. “Warga ingin ada ganti rugi dari pengusaha tambang pasir yang beroperasi di dekat tanggul Sungai Cikunir yang jebol beberapa waktu lalu,” ungkapnya kepada Radar kemarin.

Kata dia, akibat jebolnya tanggul padi milik warga yang siap panen rusak. Kemudian ikan-ikan hilang terbawa luapan air sungai yang begitu besar. Maka dari itu warga sangat mengharapkan adanya ganti rugi dan perbaikan tanggul secepatnya. Sehingga aktivitas pertanian dan perikanan bisa segera normal.

Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Padakembang Asep Mimbar mengungkapkan masyarakat meminta ada ganti rugi atas kerugian bencana alam tanggul jebol. “Makanya kita fasilitasi untuk bertemu dengan para pengusaha pertambangan pasir. Sehingga bisa ditemukan solusinya,” paparnya.

Hasil dari audiensi ini, kata dia, para pengusaha sudah sepakat untuk memberikan ganti rugi kepada pertanian dan perikanan warga yang terkena dampak. “Bulan ini pengusaha akan ganti rugi persawahan dan perikanan warga. Data di desa ada 115 warga yang terkena dampak tanggul jebol,” bebernya.

Kapolsek Leuwisari AKP Wahyudin SH menjelaskan setelah ada kesepakatan kedua belah pihak semua permasalahan selesai, sehingga terjadi ketentraman dan ketertiban umum. “Semuanya sudah selesai dengan musyawarah,” tandasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.