Tanggulangi Bencana Alam, Pemkot Tasik Anggarkan BTT Rp1 M

131
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya di 2020 ini menyiapkan biaya tak terduga (BTT) sebesar Rp 1 miliar, untuk penanganan kebencanaan seperti bencana longsor, banjir, angin kencang dan pergerakan tanah.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, BTT yang dimiliki pemerintah daerah ini bisa digunakan terutama untuk penanganan bencana yang berkaitan dengan cuaca ekstrim.

Karena, terang dia, selama hujan turun disertai angin kencang ini banyak kejadian seperti halnya pohon tumbang, longsor, banjir dan pergerakan tanah hingga menyebabkan beberapa rumah mengalami kerusakan.

“Untuk penanggulangan bencana selama ini kami telah mempersiapkan anggaran dana Bantuan BTT bersumber dari APBD 2020 sebesar Rp 1 miliar,” terangnya kepada wartawan, Selasa (21/1) pagi.

“Namun kedaruratan dari BPBD sendiri sudah dianggarkan hingga mencapai Rp 900 juta. Semua anggaran tentu mencukupi tetapi perbandingannya di tahun lalu memang besar, karena ada dua kejadian seperti halnya musim kemarau panjang dan hujan,” sambungnya.

Budi menambahkan, alokasi anggaran BTT untuk tahun ini bisa dikeluarkan melalui SK Wali Kota pascabencana terjadi dan bisa langsung cair.

Karena, sejak tahun lalu anggaran itu tidak terserap hingga dikembalikan kembali ke kas daerah.

Namun, jelas dia, kebutuhan logistik selama itu telah didistribusikan pascaterjadi mulai dari makanan siap saji dan kebutuhan lainnya.

“Intensitas hujan tinggi biasanya, masyarakat tidak bisa merubah karakter hingga mereka secara gampang membuang sampah melalui aliran sungai dan menimbulkan banjir,” jelasnya.

Karena, tukas dia, petugas yang berusaha menanggulangi banjir menemukan kasur, papan, sampah plastik dan sampah lainnya.

“Namun, sekarang semuanya harus tetap memelihara drainase dan sungai agar tetap bersih,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar menuturkan, banjir yang terjadi selama ini secara langsung cepat ditanggulangi oleh anggota BPBD dibantu Polres Tasikmalaya Kota dan Kodim 0612 Tasikmalaya.

(rezza rizaldi)

loading...