Tanggulangi DBD, PTT Turun Tangan

11
FOGGING. Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya (PTT) melaksanakan fogging di RW 04 Cempakawarna Kelurahan Cilembang Kecamatan Cihideung, Senin (11/2).Firgiawan / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya (PTT) melakukan fogging di RW 04 Cempakawarna Kelurahan Cilembang Kecamatan Cihideung untuk memberantas nyamuk demam berdarah dengue (DBD), Senin (11/2).

Pelaksanaan fogging itu berdasarkan permintaan warga. Warga sudah mengetahui bahwa PTT sering kali melaksanakan pengasapan itu pada tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu, PTT berkoordinasi dengan dinas terkait dan puskesmas setempat dalam melaksanakan program tersebut. “Ini ada permintaan dari warga. Selain itu, masih dalam suasana Imlek kita lakukan bakti sosial berupa fogging,” ucap pegiat PTT Lungnajaya Ho.

Kasus DBD di Kota Tasikmalaya harus disikapi serius. Maka dari itu, PTT bergerak langsung membantu masyarakat yang dihantui kekhawatiran akan wabah DBD. “Kita lihat kasus DBD semakin signifikan akhir-akhir ini. Maka kita berupaya membantu warga dengan baksos fogging,” ujar pria yang akrab disapa Koh Awun itu.

Mantan Wali Kota Tasikmalaya H Syarif Hidayat yang turut hadir dalam fogging tersebut meminta masyarakat sama-sama mengantisipasi DBD. Minimalnya tidak membiarkan air tergenang terlalu lama di bak mandi atau di lingkungan. “Yang harus diwaspadai itu larvanya. Fogging ini memang penting, tapi untuk membunuh nyamuk yang terbang. Sementara larva atau jentik itu harus diantisipasi warga sendiri,” tuturnya.

Dia pun mendorong pihak lain supaya turut serta menyikapi fenomena DBD seperti yang dilaksanakan PTT. Meski pada dasarnya jaminan kesehatan harus dipenuhi pemerintah, hanya saja perlu ada kepedulian dari komunitas atau pegiat sosial lainnya. “Partisipasi membantu sesama,” ujar Ketua PD Muhammadiyah Kota Tasikmalaya ini.

Ketua RW 04 Cempakawarna Dudung Abdurrahman bersyukur ada kepedulian dari PTT. Dia selama ini telah meminta pengasapan kepada kelurahan dan dinas terkait tapi belum ada tindakan. “Sejauh ini ada seorang warga yang terjangkit DBD, sedang dirawat. Ini antisipasi untuk warga yang terjangkit tidak bertambah,” katanya. Dalam mengantisipasi wabah DBD di lingkungan RW 04, pihaknya terus mengajak warga untuk menerapkan program pemberantasan sarang nyamuk. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.