Tangkal Hoax, Ciptakan Kondusivitas

21
HOAX red stamp text on white

GARUT KOTA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut dan Provinsi Jawa Barat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menangkal segala bentuk penyebaran berita bohong atau hoax. Ajakan itu dilakukan saat melaksanakan sosialisasi Jabar Saber Hoaxs pada kegiatan car free day di Alun-alun Garut Minggu (10/2).

Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Garut Yan Agus Supianto mengatakan sosialisasi Jabar Saber Hoax untuk menciptakan kondusivitas Jawa Barat, khususnya Kabupaten Garut dari peredaran berita hoax. “Kami ingi masyarakat di Garut bisa memilah mana berita bohong atau tidak,’ terangnya.

Ia menuturkan peran Saber Hoaks yakni memantau dan menerima segala informasi bohong yang menyebar di masyarakat melalui jaringan media sosial. Jabar Saber Hoaks akan dengan cepat mengklarifikasi kabar yang menyebar di masyarakat, untuk selanjutnya mengabarkan kembali kepada masyarakat terkait kebenaran kabar tersebut. “Memantau dan menerima informasi hoax di media sosial, melakukan klarifikasi dari sebuah informasi hoax,” katanya.

Ia menambahkan Saber Hoaks juga akan melakukan edukasi literasi digital kepada masyarakat, melawan setiap kabar bohong yang bersifat negative dan menyebarkan konten positif kepada masyarakat. “Tujuannya adalah melakukan edukasi literasi digital melawan hoax,” katanya.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jawa Barat Dedi Dermawan mengatakan kegiatan tersebut akan rutin dilaksanakan di setiap kota dan kabupaten di Jabar. “Kebetulan hari ini (kemarin, Red) kami hadir di Garut dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-206 Kabupaten Garut diselingi diseminasi Jabar Saber Hoaks,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.