Tangkal Hoax, Warga Terus Diedukasi

25
0

TAROGONG KIDUL – Sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Relawan Barisan Desa (Berdesa) terus mengedukasi masyarakat terkait informasi hoax atau berita bohong yang banyak menyebar menjelang Pileg dan Pilpres 2019.

“Kami turun karena terdorong dengan banyaknya informasi hoax di kalangan masyarakat yang tidak mendidik,” ujar Kepala Koordinator Cabang Berdesa Kabupaten Garut Wildan saat ditemui di Hotel Redante Kamis (7/3).

Pihaknya menyasar kalangan masyarakat bawah karena masih banyak yang mengonsumsi informasi hoax secara mentah-mentah, tanpa klarifikasi. “Masyarakat bawah memang masih banyak yang belum memahami ketika mendapatkan informasi dan langsung dibenarkan tanpa mengetahui informasi itu benar atau tidaknya,” terangnya. Bukan hanya masyarakat awam, kata dia, setingkat kepala desa tidak jarang termakan informasi hoax.

Informasi hoax yang banyak menyebar di masyarakat bawah, terang dia, yakni terkait isu yang menyerang capres. “Isu ini tentu tidak mendidik masyarakat, kita sering kali memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menerima informasi,” terangnya.

Dia mengaku memberikan edukasi bukan untuk mengarahkan kepada salah satu calon, tetapi menginginkan masyarakat memilih tanpa adanya giringam dari berita hoax. “Kami bebaskan kepada masyarakat mau pilih calon yang mana, asalkan jangan menyebar berita hoax yang bisa menjatuhkan salah satu calon,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.