Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.7%

7.3%

70%

Tangkapan Iklan di Pangandaran Sempat Paceklik

64
0
BERSANDAR. Perahu nelayan bersandar di Pantai Timur Kabupaten Pangandaran Kamis (6/8). Selama masa pandemi, nelayan Pangandaran mengalami paceklik tangkapan ikan. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya.
BERSANDAR. Perahu nelayan bersandar di Pantai Timur Kabupaten Pangandaran Kamis (6/8). Selama masa pandemi, nelayan Pangandaran mengalami paceklik tangkapan ikan. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya.

PANGANDARAN – Nelayan Pangandaran mengalami masa paceklik saat Pandemi Covid-19 sedang memuncak Maret hingga Juni 2020. Hal itu terlihat dari retribusi tangkapan ikan yang menurun.

Kepala Bidang Ikan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rusmana mengatakan pada Maret, retribusi nelayan hanya Rp 91 juta lebih, kemudian di April semakin merosot hingga Rp 81 juta. Baru di pada Juni ada peningkatan menjadi Rp 129 juta. “Juli kembali turun Rp 92 juta,” terangnya kepada Radar, Kamis (6/8).

Padahal total target retribusi tahun ini mencapai Rp 3,5 miliar. Namun rencananya pada perubahan diturunkan menjadi Rp 1,7 miliar. “Karena target yang dianggap cukup berat kalau Rp 3,5 miliar, untuk target pertama saja baru tercapai 26 persen,” tuturnya.

Selain karena pandemi, faktor cuaca juga berpengaruh pada retribusi di Pangandaran. “Tapi sekarang sudah memasuki masa panen lagi,” katanya.

Baca juga : Pangandaran Sudah Siap Belajar Tatap Muka, Nunggu Kepastian dari Pusat

Para nelayan juga mengalami kesulitan menjual ikan saat masa pandemi, sehingga mereka hanya bisa menutupi operasional saja. “Jadi hanya balik modal,” ucapnya.

Namun ia meyakini, hasil tangkapan ikan akan meningkat di kuartal ke dua, karena cuaca yang mendukung dan pandemi di Pangandaran sudah mulai turun. “Saya yakin segala target akan tercapai,” jelasnya.

Salah seorang nelayan Karangjaladri Suepna (50) mengaku tangkapannya memang menurun pada medio Maret dan April, bahkan mulai turun lagi pada Juli kemarin. “Ya mudah-mudahan Agustus ini mulai normal lagi,” harapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.