Tantangan Pengusaha Makin Berat

244
0
Yana Taryana / Rakyat Garut LANTIK. Pengurus BPC Hipmi Kabupaten Garut masa bakti 2017-2020 dilantik di Pendopo Senin malam (4/12).

GARUT KOTA – Pengusaha di Kabupaten Garut yang bergantung pada pemerintah pasti menghadapi tantangan berat pada tahun 2018. Karena, tahun depan Garut akan melaksanakan pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak.
Namun sektor tertentu justru tumbuh signifikan didorong oleh kondisi tahun politik. “Ini kesempatan juga aktivitas politik akan beriringan dengan aktivitas ekonomi. Misalnya orang kampanye butuh banner, tempat logistik dan yang lainnya,” tutur Ketua Umum BPC Hipmi Kabupaten Garut Arafat El Jihad usai pelantikan pengurus masa bakti 2017-2020 di Pendopo Senin malam (4/12).
Dengan begitu, kata dia, aktivitas pengusaha di bidang ini pasti ingin banyak dukungan. Maka dari itu, BPC Hipmi Kabupaten Garut untuk tahun depan mempunyai program yakni bantuan kredit usaha rakyat (KUR) yang sudah bekerja sama dengan salah satu bank swasta.
“Selain program KUR, kami juga akan mengadakan program pelatihan untuk tenaga ahli bagi pengusaha konstruksi. Saat ini kan pengusaha konstruksi di Garut minim tenaga ahlinya,” paparnya.
Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Barat Jodi Janitra mengatakan memang tahun depan suhu politik akan meningkat akan tetapi Hipmi tetap berkoridor dalam segi ekonomi.
“Politik boleh memanas, namun jangan lupa kita ini pengusaha. Siapa pun dan dimana pun yang akan menjadi penguasa, kita harus tetap bisa bertahan untuk mencari peluang karena kita adalah pejuang pengusaha,” ujar dia.
Menurut dia, Kabupaten Garut saat ini dikenal sebagai pengolah sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang sangat baik.
“Contoh banyak produk alam yang diolah sangat baik dan luar biasa seperti dodol ataupun domba yang didandani. Banyak pula tokoh-tokoh sukses di Garut yang kini berkiprah menjadi pengusaha di luar daerah,” kata dia. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.