Tapping Box Perlu Ditambah

213
0

CIHIDEUNG – Sebanyak 25 tapping box yang dipasang Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tasikmalaya di beragam lini usaha potensi pajak asli daerah (PAD), mulai menunjukkan hasil. Apalagi, bila mesin penghitung yang bekerja real time itu bisa dipasang ke beragam titik pajak potensial, diyakini bisa mendongkrak penghasilan masuk ke kas daerah.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya De­de Muharam me­­­­nyebutkan ter­jadi peningkatan pe­­masukan ke kas pe­merintah setelah pemasangan tapping box di beberapa tempat. Salah satunya lokasi parkir yang dikelola pihak ketiga, di wilayah Cihideung. Semula, kata dia, pemasukannya hanya sekitar Rp 8 juta per bulan saat ini tembus di angka Rp 30 juta per bulannya.

“Sehingga saya prediksi beberapa titik lain itu bisa dua sampai tiga kali lipatnya. Tinggal dikalkulasi saja 25 persen dari bruto itu pajaknya,” ujarnya kepada Radar, Minggu (22/4).

Menurutnya, harga satu unit tapping box tidak ada artinya apabila digunakan di titik potensial dan menghasilkan sekian kali lipat. Maka, kata dia, tidak ada salahnya Pemkot ke depan bisa menambah jumlah tapping box yang disimpan di beragam titik potensial tidak hanya hotel, tetapi restoran, perusahaan jasa dan lain sebagainya. “Maka saya rasa perlu ditambah. Tinggal good will dari pemerintahnya saja, mau tidak menggali potensi yang saya yakini begitu besar,” tegasnya.

Politisi PKS ini menambahkan, di sisi lain masih ada perusahaan atau pihak yang belum mau menggunakan sistem berbasis real time transaksi itu. Namun, apabila Pemkot siap menggenjot upaya pemasangan tapping box, pihaknya siap mendorong perusahaan apapun yang terbilang layak menggunakan sistem tersebut untuk ikut serta.

“Kita sadari masih ada perusahaan yang belum mau, namun kita siap dorong. Pemkot tinggal siapkan peralatannya. Geliat usaha di Kota Resik ini sangat terlihat, kalau tidak berbanding lurus dengan pendapatan daerah mau seperti apa?” ujarnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.