Target 100 Persen Banjar Bebas BABS

98
0
Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya DEKLARASI. Wali Kota Hj Ade Uu Sukaesih dan Wakil Wali Kota Banjar drg Darmadji Prawirasetia membubuhkan tandatangan sebagai komitmen mewujudkan ODF dan Germas kemarin (27/11).

BANJAR – Musyawarah pimpinan daerah (Muspida), muspika dan perwakilan masyarakat berkomitmen untuk mewujudkan open defecation free (ODF) (tidak buang air besar sembarangan) di kelurahan/desa di Kota Banjar. Deklarasi dilakukan di Aula Setda Kota Banjar kemarin (27/11).
Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengatakan ODF di Kota Banjar sudah mencapai 90 persen. Targetnya 100 persen masyarakat bebas dari buang air besar sembarangan. “Kan lucu, masih ada masyarakat BABS (buang air besar sembarangan) di balong (kolam ikan, Red) buat pakan ikan. Ini kan salah persepsi, harus diubah. Memang paling susah merubah perilaku. Tapi ibu (wali kota menyebut dirinya, Red) insya Allah bisa,” ungkapnya kepada awak media usai menghadiri acara Germas (gerakan masyarakat hidup sehat).
Sementara itu terkait Germas, pemerintah kota sudah berupaya melakukan penyuluhan ke masyarakat supaya menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Setelah kegiatan ini oleh Dinas Kesehatan dilakukan pemantauan ke setiap kelurahan dan desa sejauh mana Germas berjalan,” katanya.
Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Jawa Barat dr Sri Sudartini mengajak masyarakat membiasakan hidup bersih dan sehat. “Dengan gerakan masyarakat hidup sehat, meminimalisir terjadinya penyebaran penyakit di lingkungan,” jelasnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.