Target Dua Tahun Bisa Kembali Sehatkan Perusahaan Daerah

72
0

BANJAR – Dua pimpinan perusahaan daerah (perusda) siap menyehatkan kembali perusahaan dalam waktu dua tahun. Seperti yang diungkapkan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anom Fitriah Nurkamilah ST, MM.

Diakuinya, PDAM Tirta Anom saat ini memiliki tunggakan cukup tinggi. Ini yang menjadi tantangannya. “Saya target dalam dua tahun harus sehat PDAM. Jika tidak, harus siap mengundurkan diri. Doakan saja, mudah-mudahan bisa kembali sehat,” harapnya.

Langkah pertama yang akan dilakukannya dalam upaya menyehatkan perusahaan yakni pembenahan di internal. Dia memandang penyebab tidak berkembangnya PDAM Tirta Anom salah satunya dari internal perusahaan.

“Itu (pembenahan intern) yang paling penting,” ujarnya saat ditemui di kantornya Jumat (21/6).

Langkah selanjutnya yakni meningkatkan pelayanan pelanggan dalam pembayaran. Ke depan, pelanggan bisa membayar dengan menggunakan kartu debit.

Direktur Banjar Water Park (BWP) Dadan mengatakan jika melihat kondisi BWP sekarang, memang perlu melakukan kerja sama dengan pihak luar atau swasta. Mengingat tidak ada lagi APBD yang dikucurkan untuk BWP.

“Saya targetkan kurang lebih dalam dua tahun ke depan BWP bisa kembali normal,” tegasnya.

Saat ini pun pihaknya sedang proses kerja sama dengan pihak luar. “Insyaallah ke depan BWP menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Banjar,” tuturnya.

Terpisah, Asisten Daerah (Asda) Kota Banjar sekaligus anggota tim penyehat perusda Agus Eka Sumpana SE mengatakan ada beberapa hal mengapa kedua perusda disebut tidak sehat.

Pertama, PDAM memiliki tunggakan yang cukup besar, sehingga tidak pernah mengalami keuntungan. Tunggakan diperkirakan lebih dari satu miliar rupiah. “Hal ini yang harus diperbaiki oleh direktur PDAM baru,” tuturnya.

Dia mengatakan pemerintah kota tidak menargetkan berapa penghasilan yang harus diperoleh jika melihat posisi dua perusda saat ini. “Kalau perusda sehat, otomatis ada keuntungan,” imbuhnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.