Targetkan 77 Persen Partisipasi Pilgub Jabar

SAMBUTAN. Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Desk Pilkada Tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Ruang Paripurna DPRD, Selasa (6/3).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARTISIPASI aktif masyarakat yang telah memiliki hak pilih sangat diperlukan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang. Pesta Demokrasi yang menelan banyak biaya tidak kecil ini hakikatnya adalah milik bersama yang harus pula disukseskan.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP saat membuka Rapat Koordinasi Desk Pilkada Tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang diikuti oleh unsur TNI/Polri, camat, kepala desa, Tim Penggerak PKK desa, ulama dan tokoh masyarakat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Bojongkoneng, Singaparna, Selasa (6/3).

Ade berpendapat memilih pemimpin adalah kewajiban bagi seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pilih. “Datanglah ke bilik suara pada saatnya nanti kita memilih. Niatkan dalam hati untuk memilih calon pemimpin yang dapat membawa Jawa Barat ke arah yang lebih baik dari sekarang. Tentukan calon pemimpin kita berdasarkan hati nurani. Tidak asal memilih. Karena kita membutuhkan pemimpin yang memberikan perubahan serta dapat menjadi solusi setiap permasalahan yang sedang dan akan dihadapi masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang menjadi pendukung suksesnya pemilihan kepala daerah. Antara lain kualitas penyelenggara pilkada dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dituntut untuk bekerja secara netral dan profesional. Kemudian, tingginya partisipasi pemilih yang cerdas dalam memilih, para calon kepala daerah beserta partai pengusungnya yang mampu menjaga kondisivitas pelaksanaan pilkada dengan menyosialisasikan visi dan misi calon kepala daerah kepada masyarakat. Lalu, fungsi pengawasan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang berjalan dengan baik untuk mengawasi penyelenggaraan pilkada dari segala bentuk pelanggaran dan perlunya sinergi yang baik antara penyelenggara pilkada dengan aparat keamanan.

Ketua Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Drs H Abdul Kodir MPd menjelaskan di Kabupaten Tasikmalaya Desk Pilkada ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tasikmalaya Nomor 130/Kep.534-Pem/2017 tentang Desk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Menurutnya, Desk Pilkada memiliki tugas yaitu melakukan pemantauan pelaksanaan pilkada di daerah, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada, memberikan saran kepada penyelesaian permasalahan-permasalahan pelaksanaan pilkada, dan melaporkan informasi kepada pemerintah mengenai pelaksanaan pilkada.

Sasaran Desk Pilkada antara lain untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Tingkat partisipasi pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya tahun 2015 adalah 60,33 persen. Diharapkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 meningkat menjadi 77 persen,” papar Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya ini. (rls/snd/adv)

loading...