Pembinaan Jawara ODF 2019 di Kelurahan Panglayungan

Targetkan Deklarasi ODF di 5 RW

57
0

CIPEDES – Kelurahan Panglayungan Kecamatan Cipedes menargetkan bisa melakukan deklarasi Open Defecation Free (ODF) di lima RW dari 21 RW yang ada di wilayahnya.

Sanitarian Puskesmas Panglayungan, Wati Widiawati AMKL menuturkan, saat ini ada tiga RW yang sudah dideklarasikan sebagai RW ODF. Sebagai peserta Jawara ODF 2019 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes), kelurahan ini akan terus menambah RW ODF. Dengan demikian, target Kota Tasikmalaya menjadi Kota ODF 2022 bisa terwujud.

“Upaya yang kami lakukan dari puskesmas adalah melaksanakan pemicuan. Intensitas pemicuan kita tambah agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tuturnya saat pendampingan Satgas Jawara ODF 2019, Rabu (26/6).

Satgas Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman, Hj Popon Saadah menuturkan, untuk menuju kelurahan ODF di Panglayungan, pihaknya memadukan berbagai program pemerintah, terutama untuk penyediaan sarana dan prasarana. Pasalnya, di wilayah Kelurahan Panglayungan masih banyak warga yang belum memiliki septic tank, sehingga pembuangan limbah kotoran dari toilet masih banyak yang langsung mengalir ke sungai.

“Kita memang bersinergi untuk membangun septic tank komunal, tapi hambatannya ada di ketersediaan lahan. Inilah yang saat ini sedang kita cari solusinya agar pemilik lahan mengizinkan agar lahannya digunakan untuk tempat septic tank,” ujar dia perwakilan BKM Kelurahan Panglayungan ini.

Lurah Panglayungan sekaligus Ketua Satgas Jawara ODF 2019, Asep Kusna Wijya SH menyatakan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan bersama-sama. Tidak hanya soal sanitasi dan ODF, tetapi juga masalah sampah di sungai. Sampah-sampah yang mengambang di sungai yang ada di wilayahnya, merupakan kiriman dari wilayah lain. Karena untuk setiap ke-RW-an di Kelurahan Panglayungan, sampah rutin diangkut. “Kami tetap berupaya agar semua program bisa terlaksana dengan baik. Meskipun ada beberapa kendala, tapi kita tetap optimis,” kata dia. (tin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.