KPU Jabar Targetkan DPT Lebih dari 33 Juta

136
0
Zamzam Zamaludin

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lebih dari 33 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Dr Yayat Hidayat SSos MSi.
Menurut Yayat, pada Pilgub 2013 lalu jumlah DPT dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat mencapai 33 juta pemilih. Sementara saat ini yang masuk usia pemilih dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 2017 baru 32,8 juta jiwa. ”Ya nanti kita upayakan partisipasi pemilih bisa meningkat,” ujar Yayat saat dihubungi Radar, kemarin (30/10).
Dari 27 kota/kabupaten, daerah yang paling banyak DPT-nya adalah Kabupaten Bogor dengan jumlah 3 juta pemilih. Paling sedikit Kota Banjar 200 ribu pemilih. Sedangkan Kabupaten Tasikmalaya sekitar 1,3 juta.
KPU Provinsi Jabar, kata dia, menargetkan partisipasi pemilih pada Pilgub Jabar 2018 bisa lebih dari 33 juta pemilih. Dengan cara terus menyosialisasikan pilgub dibantu KPU di masing-masing daerah. “Ada dua kemungkinan apakah jumlah pemilih akan bertambah atau berkurang. Pemberlakuan KTP-el bisa menjadi penyebab penurunan, usia yang masuk pemilih pemula 17 tahun bisa membuat bertambah,” jelasnya.
Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum dan Pengawasan Zamzam Zamaludin mengatakan berdasarkan Daftar Agregate Kependudukan yang dikeluarkan oleh Kemendagri dari jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya 1.731.000 jumlah DPT terakhir pada pemilihan bupati (pilbup) serentak tahun 2015 ada 1,3 juta. ”Pada Pilgub Jabar 2018 kemungkinan partisipasi pemilih bisa bertambah sampai 2 persen,” kata Zamzam.
Jika ada penurunan jumlah partisipasi pemilih, terang Zamzam, bisa disebabkan karena adanya beberapa penduduk asal Kabupaten Tasikmalaya sudah pindah ke luar kota. “Jadi pada saat memilih di luar kota, kemudian peralihan data KTP ke KTP-el,” jelasnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.