Targetkan Juara Umum KSM Jabar

86
0
SEMANGAT. Sekretaris DPD PGM Kota Tasikmalaya Arip Ripandi SPdI (kanan) bersama siswa dan guru MTs Nurul Falah usai Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV, Senin (12/8). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Sebanyak 33 siswa madrasah dari tingkatan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Kota Tasikmalaya siap berkompetisi di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Barat. Kompetisi ini akan digelar di Kabupaten Cianjur Kamis (15/8).

Sekretaris DPD Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Kota Tasikmalaya Arip Ripandi SPdI mengatakan, ajang KSM ini menjadi momen untuk meningkatkan prestasi dan kompetensi siswa. Pihaknya punya target untuk menjadi juara umum di KSM Tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Peserta KSM yakni dari MI ada 6 siswa, MTs 9 siswa dan MA 18 siswa. Mereka melaju ke tingkat provinsi setelah menjadi juara 1, 2 dan 3 di tingkat Kota Tasikmalaya,” katanya saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV, Senin (12/8).

Pada tingkat MI, mata pelajaran yang dikompetisikan yakni matematika integrasi dan ilmu pengetahuan alam (IPA) terintegrasi. Pada tingkat MTs yakni IPA terintegrasi, ilmu pengetahuan sosial (IPS) terintegrasi dan matematika terintegrasi. Untuk tingkat MA ada matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan geografi terintegrasi.

“Semua mata pelajaran tersebut diintegrasikan dengan pendidikan agama Islam (PAI),” katanya.

Pihaknya berharap siswa bisa bertanding dengan maksimal dan mendapat juara. “Kami berharap dari setiap jenjang ada yang mewakili ke tingkat nasional,” katanya.

Sebagai apresiasi, sambungnya, pihaknya sudah menyiapkan reward berupa uang pembinaan, piagam dan sertifikat untuk siswa dan pembimbingnya. “Apresiasi ini untuk siswa yang berprestasi dan pembimbing yang membawa siswanya berprestasi juga,” katanya.

Salah satu peserta KSM Jawa Barat Arip Rismawandi mengatakan, dirinya melaju ke tingkat provinsi setelah menjadi juara 1 KSM Kota Tasikmalaya mata pelajaran matematika. “Senang bisa masuk tingkat provinsi. Saya berlatih dan melakukan persiapan matang agar bisa meraih prestasi di KSM Jawa Barat,” kata siswa MTs Nurul Falah.

Guru Pembimbing MTs Nurul Falah Mela Hertina SPd menuturkan dalam mencapai target yang baik maka butuh strategi dalam model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan latihan soal matematika terintegrasi yang variasi.

“Latihan soal itu kuncinya. Siswa dilatih menyelesaikan soal matematika umum dan olimpiade,” katanya.

Guru Pembimbing PAI MTs Nurul Falah Ii Asbahi MAg berharap perwakilan dari MTs Nurul Falah dan siswa lainnya bisa mengharumkan nama baik madrasah dan Kota Tasikmalaya. “Mudah-mudahan diberikan kelancaran dan menjadi juara umum,” katanya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.