Beranda Rakyat Garut Targetkan Partisipasi di Atas 76%

Targetkan Partisipasi di Atas 76%

BERBAGI
Yana Taryana / Rakyat Garut LAUNCHING. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menyelenggarakan launching Tahapan Pilkada Tahun 2018 di Fave Hotel Rabu (6/12).

TAROGONG KIDUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menargetkan angka partisipasi warga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 atau melampaui angka partisipasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014.
“Minimal di angka 76 persen sama dengan pilpres lalu,” ujar Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi selepas Launching Tahapan Pilkada 2018 di Fave Hotel Rabu (6/12).
Menurut dia, tahapan Pilkada Garut 2018 telah diawali September lalu. Namun secara resmi baru diperkenalkan kepada masyarakat Garut mulai Rabu (6/12). “Kita berharap dengan launching ini partisipasi semakin meningkat,” ujarnya.
Dengan adanya kesiapan itu pula seluruh rangkaian proses pilkada serentak di Kabupaten Garut berlangsung lancar hingga usai. “Intinya kami sampaikan bahwa kami sudah siap untuk pilkada,” kata dia.
Dalam kesempatan itu, Hilwan menyampaikan Pilkada Garut bakal diikuti calon dari independen atau perseorangan, selain calon yang diusung partai politik (parpol). “Ada tiga calon perseorangan yang sudah mendaftar,” kata dia.
Ketiga calon independen yang sudah mendaftar itu, lanjut dia, Soni Sondani – Usep Nurdin yang menyerahkan 129.756 dukungan. Dedi Supriadi – Muhamad Ali menyerahkan 136.500 dukungan dan Suryana – Wiwin Suwindarwati menyerahkan 145.532 dukungan. “Kalau jalur parpolnya kan pendaftarannya Januari mendatang,” ujarnya.
Dia menambahkan khusus jalur independen harus meme­nuhi syarat minimal 117.346 dukungan yang tersebar di 22 kecamatan dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut. “Nanti mulai 12-25 Desember ini kita lakukan verifikasi faktual ke lapangan door to door ke rumahnya langsung,” ujarnya.
Sekda Kabupaten Garut Iman Alirahman menambahkan sejak digulir­kannya era reformasi 1999, Kabupaten Garut kerap menjadi pionir percontohan suksesnya pilkada langsung. “Makanya untuk pilkada tahun depan angka partisipasi warga harus meningkat,” pinta dia. (yna)

loading...