Targetkan Pemilih di Atas 75 Persen

99

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menargetkan partisipasi pemilih di Pilgub Jabar dan Pilbup Ciamis 2018 mencapai 75 persen.
“Kami terus berupaya menyebarluaskan informasi terkait Pilkada dan Pilgub yang hanya tinggal beberapa bulan lagi,” ujar Komisioner KPU Ciamis Divisi Hukum Didi Heryadi setelah sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dengan kelompok pemilih mahasiswa di Kabupaten Ciamis di aula KPU Ciamis Rabu (11/4).
Untuk merealisasikan target pemilih mencapai 75 persen, KPU menggelar sosialisasi. Mereka mengundang mahasiswa di Kabupaten Ciamis.
“Jadi mereka para mahasiswa kita kumpulkan di sini. Diberikan penyerahan tentang pilkada. Anggarannya dari provinsi,” ungkapnya. “Mereka sudah diberikan pemahaman terkait pilkada. Nantinya apa yang sudah kita sampaikan, disampaikan lagi kepada yang lainnya,” harapnya.
Target 75 persen itu, kata dia, lebih tinggi dari capaian Pilgub 2013 yang mencapai 63 persen.
Faktor penyebab minimnya partisipasi pemilih di Kabupaten Ciamis, kata Didi, karena banyaknya warga Ciamis yang melakukan urbanisasi. Jadi, masyarakat ketika pemilihan tidak ada di tempat atau di daerahnya. “Ini yang menjadi kesulitan kami. Tapi mudah-mudahan saja, besok setelah hari besar Lebaran banyak yang masih ada di rumahnya. Sehingga bisa ikut berpartisipasi dalam Pilkada maupun Pilgub,” tandasnya.
Salah satu mahasiswa Unigal dari Fakultas Hukum, Nunung dapat memahami mengenai tata cara pemilihan umum yang baik dan benar sebelum memilih.
“Melalui sosialisasi ini, kami menjadi tahu dalam memilih calon tidak semata-mata asal memilih, kita juga harus mengetahui dan memahami visi dan misi yang sesuai dengan keadaan dan situasi daerah tersebut,” tambahnya. (obi)

loading...