Targetkan Seribu Pelanggan Baru

23
0

BANJAR – Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah menargetkan seribu tambahan sambungan rumahan (SR). Penambahan seiring rencana penyertaan modal senilai Rp 2 miliar.

Selain menambah pelanggan baru, PDAM juga akan melakukan retikulasi pipa secara bertahap. “Insyallah tahun depan kami targetkan seribu SR pelanggan baru PDAM. Dengan penyertaan modal ini diharapkan bisa membantu pelayanan PDAM,” kata dia seraya mengatakan jumlah pelanggan PDAM Se-Kota Banjar hampir mencapai 10.000 pelanggan.

Ketua LSM Pemangau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) Kota Banjar Ryan Rosdiana Mutofa meminta PDAM konisisten, khususnya dalam penanganan kuantitas air baku. Sebab, ketika PDAM menargetkan penambahan baru, secara otomatis air baku juga harus ditambah.

Kata dia, jika jumlah air baku masih sama, dikhawatirkan akan berdampak pada pelayanan yang nantinya kurang maksimal. “Konsistensi produksi air apakah akan mencukupi jika ditambah 1.000 pelanggan baru, sementara jumlah produksi air bakunya tetap segitu. Kita berharap PDAM juga bisa menambah pasokan air baku supaya keluhan masyarakat (pelanggan) seringnya air PDAM mengalir kecil itu bisa teratasi, apalagi jika ada penambahan pelanggan. Pemakaian air baku akan bertambah,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, PDAM Tirta Anom akan mendapat suntikan modal sebanyak Rp 2 miliar. Pengamat pemerintahan Sidik Firmadi berharap perusahaan daerah itu bisa berbenah dan berhati-hati jika penyertaan modal itu terealisasi.

“Agar anggaran yang rencananya akan diusulkan dapat dimaksimalkan guna memperbaiki kondisi PDAM Tirta Anom, sehingga menjadi sehat dan dapat memberikan keuntungan dan dapat meningkatkan PAD Kota Banjar,” kata Sidik Firmadi Senin (9/12).

Loading...

Menurut dia, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan guna memperbaiki kinerja PDAM Tirta Anom ke depan. Pertama, dengan cara memastikan pasokan sumber air stabil dan besar karena biasanya konsumen akan tertarik menggunakan PDAM jika airnya stabil dan melimpah. Kedua, mamastikan air PDAM tidak keruh meskipun saat musim hujan dan yang terahir harga yang terjangkau. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.