Tarif Baru Ojol Berlaku di 88 Kota

46
0
ilustrasi

JAKARTA – Tarif baru ojek online (ojol) di 88 kota mulai berlaku pada Jumat (9/8) mulai pukul 00.00 WIB. Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani mengatakan, tarif baru ojol di 88 kota ini merupakan tambahan di Zona I dan Zona III. “Dengan demikian Go-jek punya layanan ojol di 221 kota. Masih ada sisa 98 kota yang belum memberlakukan tarif baru,” kata dia di Jakarta Kamis (8/8).

Sedangkan Grab telah memiliki layanan ojol di 224 kota. “Jadi tinggal terisa 101 kota yang belum memberlakukan tarif baru,” sambung dia.

Dia mengungkapkan, progress penerapan tarif baru ini sudah mencapai kurang lebih 80 persen. Sisanya akan diselesaikan dengan target waktu September mendatang. “Kita targetkan 100 persen di bulan September mendatang,” ujar dia. Setelah diterapkan, peraturan ini nantinya akan dievaluasi setelah berjalan selama tiga bulan.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai kebijakan penambahan kabupaten/kota tentunya sangat menguntungkan driver ojol dari sisi harga. “Jadi bukan hanya di kota besar saja yang diperhatikan namun kota-kota lainnya juga. Jadi ini sesuatu yang positif,” ujar Huda kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Kamis (8/8).

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Pieter Abdullah menghargai kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemenhub, namun menurut dia harus dilakukan secara bertahap. “Semangatnya harus kita hargai. Penyesuaian tarif ini tujuannya kan untuk menciptakan persaingan yang sehat antara ojek online dan ojek offline. Tapi tentunya harus secara bertahap. Sekarang sudah diterapkan di 88 kota dan kabupaten. Setelah ini tentunya harus ada evaluasi dulu baru diperluas,” katanya.

Adapun daftar kabupaten kota yang akan diberlakukan tarif baru yakni zona 1 meliputi Jawa (di luar Jabodetabek), Sumatera dan Bali. Zona I tersebut termasuk di dalamnya Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Adapun Zona III meliputi Kalimantan, Sulawesi, NTT dan Maluku. (din/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.