Tarif Ojol Untungkan Semua Pihak

109
0
Loading...

JAKARTA – Tarif ojek online (ojol) akan dirilis pekan depan. Penentuan tarif itu dipastikan akan menguntungkan semua pihak.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor untuk Kepentingan Masyarakat.

“Tarif ojol ditetapkan Senin (25/3) besok,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya di Jakarta, Kamis (21/3).

Ketika ditanyakan berapa besaran tarif ojol? mantan direktur utama angkasa pura II itu enggan membocorkannya.

Regulasi ojol sebelumnya telah dirilis, namun belum memuat tentang besaran tarif. Regulasi ini berisi tentang beberapa aspek. Yaitu keselamatan, kemitraan, tarif, dan suspend.

Loading...

“Setelah ini, tugas saya melakukan sosialisasi PM ini ke masyarakat beberapa kota besar. Rencana kami akhir Maret dan awal April akan berdarah-darah sampaikan regulasi ini,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

Pihak pengemudi sebelumnya mengajukan usulan tarif sebesar Rp 3.000 per kilometer (km). Sementara Menteri Budi Karya menginginkan tarif ojol hanya sekitar Rp 2.400 per km.

Analis kebijakan transportasi dan ketua forum warga kota Jakarta Azas Tigor Nainggolan mengatakan, dengan diterbitkannya regulasi ojol agar tidak terjadi perang tarif.

“Aturan itu justru untuk mengatur agar tidak terjadi perang tarif sampai 1.200 per km, itu merugikan (driver),” ujar Tigor.

Dengan aturan tersebut, lanjut Tigor, keamanan penumpang maupun driver akan terjamin. Ini karena kondisi kendaraan akan terawat dengan baik. “Jadi regulasi tersebut saling menguntungkan baik driver maupun penumpang,” ucap Tigor.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai intervensi pemerintah terkait tarif ojol sangat tepat guna melindungi driver dan konsumen.

“Karena jika tidak diatur berpotensi terjadi pelanggaran, baik pelanggaran kepada hak driver atau pelanggaran terhadap hak konsumen,” pungkas Tulus. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.