Tasik Selatan Paling Terancam Bencana

90
0
Letkol Inf Imam Wicaksana

TASIK – Menjelang musim hujan sejumlah wilayah di Tasikmalaya rutin dilanda bencana. Tasik Selatan menjadi wilayah paling terancam dibandingkan daerah lainnya.

Hal itu dikatakan Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Imam Wicaksana ketika ditanya kesiapan menghadapi potensi bencana. Menurutnya, Tasik Selatan paling dikhawatirkan berpotensi banjir bandang dan tanah longsor. “Kami khawatirkan kejadian seperti tahun kemarin,” ungkapnya usai melakukan silaturahmi dengan awak media, Kamis (21/11).

Sebagaimana diketahui, tahun 2018 beberapa kecamatan wilayah Tasikmalaya Selatan dilanda bencana yang cukup besar dan memakan korban. Maka dari itu, pihak Kodim tidak ingin tragedi tersebut kembali terulang.

Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan BPBD, Kepolisian dan instansi terkait lainnya. Karena perlu adanya upaya mitigasi meminimalisir dampak negatif dari potensi bencana. “Kami menggerakkan semua Babinsa untuk menyerap informasi-informasi dari masyarakat,” ujarnya.

Untuk jenis kerawanan, tanah longsor dan banjir bandang masih menjadi perhatian. Namun tidak menutup kemungkinan jenis bencana alam lainnya yang tidak terprediksi.

“Terutama kekhawatiran kita di bencana longsor,” katanya.

Untuk penanggulangan, dia tidak khawatir soal ketersediaan peralatan. Sebab saat ini peralatan yang tersedia cukup dan bisa digunakan ketika bencana alam terjadi. “Kami mungkin peralatannya terbatas, tapi bisa digabung dengan peralatan dari BPBD dan Kepolisian,” katanya.

Disinggung soal ketersediaan anggaran kedaruratan bencana, dia akui sangat penting. Namun sejauh ini belum mengetahui kesiapan anggaran dari Pemerintah Kota/Kabupaten Tasikmlaya. “Tapi saya yakin ada, tinggal nanti kita komunikasikan,” tuturnya.

Di samping itu, pihaknya tidak lepas perhatian untuk wilayah Kota Tasikmalaya. Karena pada prinsipnya semua wilayah punya potensi bencana alam masing-masing. “Saya juga sering koordinasi dengan BPBD Kota Tasik soal kebencanaan,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.