Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.8%

Tasik Utara Mulai Diterjang Bencana Longsor, Jalan Cisinga tak Bisa Dilalui Kendaraan

1120
0

KABUPATEN TASIK – Curah hujan yang tinggi mulai menimbulkan bencana longsor di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (17/12) Sore.

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun, longsor ini terjadi di bahu Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga).

Hal itu dibenarkan Danramil 1205/Rajapolah, Kapten Inf Agus Heriyanto. Kronologinya kata dia, longsor ini terjadi pukul 16.00 WIB di Jalan Baru Jalur Cisinga, tepatnya di Kampung Sukasukur, Desa Karangsembung,” ujarnya kepada wartawan.

“Longsor di bahu jalan sebelah kiri, diperkirakan panjang 20 meter, tinggi 5 meter lebar 4 meter. Sehingga menutupi jalan tersebut akibat curah hujan yg sangat lebat. Untungnya tak ada korban jiwa,” sambungnya.

Terang dia, akibat longsor ini lalu lintas terganggu karen kendaraan tak bisa melewatinya. Hingga berita ini masuk dapur redaksi pukul 21.10 WIB, kendaraan masih tak bisa melintasinya.

“Longsor menutupi jalan dan sampai dengan saat ini kendaraan roda 4 tidak bisa melewati jalan tersebut,” terangnya.

Dia mengimbau kepada warga setempat agar mewaspadai jika ada longsor susulan dan segera cepat melapor kepada pihaknya jika hal itu terjadi.

“Karena cuaca tidak mendukung situasi gelap kurangnya penerangan dan hujan masih rintik-rintik. Untum gotong-royong (memberihkan longsor) di Lokasi dikerjakan besok pagi (Rabu 18/12),” bebernya.

Bencana longsor ini juga terjadi di Kecamatan Ciawi, tepatnya di Desa Gombong. Hal ini diakui Danramil 1204/Ciawi, Kapten Inf Kardaya.

“Kejadiannya sekitar pukul 18.30 WIB. Tanah longsor diakibatkan intensitas hujan deras di Kampung Sukajadi, RT01, RW02, Desa Gombong,” tuturnya.

Dia menambahkan, akibat longsor ini rumah semi permanen milik Iri (50) mengalami rusak parah akibat tertimpa tanah longsor dengan kerugian ditaksir Rp 75 juta. Walaupun demikian di lokasi ini juga tak ada korban jiwa.

“Dengan adanya kejadian bencana alam tanah longsor ini masyarakat diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Babinsa juga mengimbau kepada masyarakat sekitar lokasi agar lebih berhati-hati dan mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tukasnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.