Taspen Dorong Calon Pensiunan Berwirausaha

93
Istimewa SAMBUTAN. Komisaris Utama PT Taspen Franky Sibarani memberikan sambutan dalam sosialisasi program wirausaha bagi ASN Rabu (13/3).

TASIK – PT Taspen (Persero) Cabang Tasikmalaya mendorong pensiunan menjadi wirausahawan untuk mengisi masa tua mereka. Untuk itu digelar sosialisasi program wirausaha bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) di Hotel Grand Metro Tasikmalaya di Jalan KHZ Mustafa Kota Tasikmalaya Rabu (13/3).

Kepala PT Taspen Cabang Tasikmalaya Labuan Nababan mengatakan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Komisaris Utama PT Taspen Franky Sibarani ini bertujuan membangkitkan semangat dan movitasi berwirausaha para ASN dalam mempersiapkan masa purnatugas. Sehingga mereka dapat mandiri, berkarya dan sejahtera di masa pensiun.

Hal ini, sambung ia, merupakan bagian dari komitmen Taspen untuk terus melakukan inovasi sehingga layanan yang diberikan dapat melebihi harapan bagi peserta.

“Sosialisasi ini dihadiri 250 ASN se-Priangan Timur. Mereka merupakan ASN yang memasuki BUP 1-3 tahun ke depan,” katanya kepada Radar, Kamis (14/3).

Melalui acara ini Taspen ingin mempersiapkan pensiunan memasuki second career. Seperti harapan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan ASN dan pensiunan dengan berwirausaha dan memiliki hidup baru saat purna tugas dengan berbagai kegiatan dan usaha.

“Sebagai inspirasi, pada acara tersebut kami menghadirkan beberapa pensiunan ASN yang telah berhasil membangun usaha,” ujarnya.

Di antaranya pensiunan ASN yang melakukan budidaya jamur. Ia merupakan pensiunan guru yang memulai budidaya jamur sejak tahun 2001. Kini ia berhasil memasok jamur hingga Malaysia.

Ada juga pensiunan ASN yang melakukan budidaya burung murai. Usaha yang dimulai sejak tahun lalu tersebut kini bisa menghasilkan pendapatan sekitar Rp 20 juta setiap kali panen. ASN tersebut sudah memiliki 25 kandang budidaya murai.

Yang tak kalah menarik pensiunan ASN yang berwirasusaha budidaya ikan lele. Ia merintis usaha tersebut sejak tahun 2000. Hasil budidaya tersebut bahkan sudah terjual hingga ke luar kota.  “Mereka merupakan ASN hasil binaan Bank Mantap,” tegasnya.

Ia berharap, sosialisasi ini bisa menjadi inspirasi bagi ASN dalam mempersiapkan masa purnatugas. Taspen pun berharap ASN bisa memulai wirausaha sebelum pensiun. “Sosialisasi ini sebagai bentuk tanggung jawab moral Taspen untuk memperhatikan peserta atau ASN. Kami mendorong pensiun bisa tetap produktif di masa tuanya,” katanya.

Sementara itu Bank Mantap siap membantu para pensiunan membesarkan usaha dengan memberikan fasilitas pembiayaan. (na)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.