Taspen Tingkatkan Kesejahteraan ASN

119
0

GARUT – Taspen menawarkan peningkatan kesejahteraan para Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui anak perusahaan bernama Taspen Save. Para ASN akan mendapat tambahan manfaat di samping haknya sebagai ASN ketika masuk masa pensiun.

Hal ini disampaikan Kepala Taspen Cabang Tasikmalaya Labuan Nababan didampingi Kepala Bidang Umum dan SDM Sinung Wibowo usai penandatanganan kerja sama dengan Pemda Garut di lapangan Setda Pemda Garut Senin (12/11). Dengan adanya kerja sama tersebut, ASN di lingkungan Pemda Garut dapat mendaftarkan diri dalam program Taspen Save.

“Salah satu produk kita adalah Tabungan Hari Tua (THT). Ada masukan, produk THT ini oleh para ASN dianggap kurang besar. Kalau dengan regulasi yang ada, Taspen sendiri tidak bisa meningkatkan itu (jumlah THT, Red). Namun kita akomodir melalui anak perusahaan kita, yaitu Taspen Life dengan adanya top up THT atau kita sebut produknya Taspen Save,” kata Labuan.

Adapun Taspen Save, kata ia, merupakan produk yang memberikan manfaat kepada ASN pada saat memasuki usia pensiun berupa akumulasi premi ditambah pengembangan dan manfaat perlindungan asuransi apabila peserta meninggal dunia sebelum mencapai batas masa usia pensiun.

“Jadi kita harapkan nanti untuk meningkatkan kesejahteraannya sebelum mencapai usia pensiun, Taspen Save itu bisa diambil ASN karena ada risiko sakit, meninggal, kita tidak tahu. Kalau tidak terjadi apa-apa hingga usia pensiun, kita akan mendapatkan benefit dari sana,” tuturnya.

Dengan begitu, sambungnya, para ASN yang mengikuti program Taspen Save akan mendapat tambahan 2 manfaat THT yaitu manfaat THT dari Taspen dan Taspen Save dari Taspen Life.

“ASN akan mendapatkan perlindungan asuransi semasa aktif menjadi ASN. Lalu pada saat dia pensiun, dia akan dapat semua kalau tidak terjadi apa-apa. Tapi kalau terjadi apa-apa (meninggal), akan kita kembalikan akumulasi premi ditambah pengembangan, berikut dengan proteksinya,” jelasnya.

Apabila terjadi sesuatu pada saat peserta aktif sebagai ASN, maka apabila ia meninggal karena kecelakaan, dia akan mendapat 100 kali premi. Apabila meninggal bukan karena kecelakaan, maka dia akan mendapat 50 kali premi ditambah akumulasi premi dan pengembangannya.

Setiap ASN dapat mendaftar sebagai peserta asuransi Taspen Save. “Sifatnya tidak wajib. Jika (ASN) bersedia, maka gajinya akan dipotong mulai Rp 100 ribu sampai maksimal Rp 2 juta per bulan. Tapi meskipun ini tidak diwajibkan, namun dianjurkan karena akan memberi tambahan manfaat kepada ASN saat ia pensiun. Bahkan, Bupati Garut juga menganjurkan supaya para ASN di lingkungan Pemda Garut untuk ikut Taspen Save ini,” katanya. (rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.