Tebar Sebanyak 4.000 Bibit Abalon

1

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

KALIPUCANG – UPTD Perikanan Air Payau dan Lau Wilayah Selatan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat serta Dinas Kelautan Perikanann dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran menebar bibit abalon di kawasan Pantai Karapyak Kecamatan Kalipucang.

Kabid Perikanan dan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Budiman mengatakan abalon merupakan jenis kerang yang cukup langka dan merupakan salah satu komoditas yang cukup mahal. ”Sekarang kita menebar 4.000 bibit abalon,” ujarnya kepada wartawan Kamis (20/9).

Menurut dia, dipilihnya Pantai Karapyak merupakan kawasan yang sangat cocok untuk penebaran abalon. ”Melihat dari demografi wilayah, kami memutuskan untuk melaksanakan penebaran disini,” katanya.

Abalon tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat bagi warga pangandaran, khsusunya yang tinggal di dekat Pantai Karapyak. ”Karena komoditas ini memiliki nilai jual tinggi,” ucapnya.

Dinas Kelautan Perikanann dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rida Nirwana mengatakan penebaran bibit ikan dan udang sudah dilaksanakan di berbagai tempat di pangandaran. ”Cukup untuk dikonsumsi masyarakat pangandaran,” terangnya.

Selain di laut, penebaran bibit ikan juga kerap dilakukan di bantaran sungai dan juga muara. ”Kawasan-kawasan yang strategis tentunya,” singkatnya.(den)

loading...