Tebing Ambruk, Lansia Warga Salawu Tasik Tertimpa Rumah

43
0
Ilustrasi

RUMAH panggung berukuran 8×5 meter milik pasangan Sudinta (70) dan Engkom (58) warga Kampung Jolok RT/RW 07/02 Desa Sundawenang Kecamatan Salawu tertimpa robohan tembok penahan tanah (TPT), kemarin. Akibatnya pasangan suami istri tersebut mengalami luka-luka karena tertimpa reruntuhan.

“Hujan yang terus mengguyur di wilayah Kecamatan Salawu mengakibatkan robohnya TPT dan menimpa rumah. Ditambah intensitas curah hujan tinggi yang terus menerus,” ujar Kepala Desa Sundawenang Ade Irsanul Ubad kepada Radar, Senin (14/12).

Kata dia, suami istri yang berada di dalam rumah tertimpa material TPT, sehingga keduanya mengalami luka serius.

“Korban berhasil diamankan dari runtuhan atap rumah yang tertimpa longsor. Keduanya dievakuasi oleh aparat desa dibantu personel TNI,” katanya.

Baca juga : Tebing di Cigalontang Tasik Longsor, Tutup Jalan Langkob

Pada saat kejadian, kata dia, korban sedang beristirahat di dalam rumah, tapi tiba-tiba terdengar atap rumah roboh. Material pun menimpa suami istri tersebut karena tidak sempat menghindar.

“Korban mengaku saat kejadian hanya mendengar derasnya air hujan dan tidak mendengar suara TPT ambruk hingga menimpa rumah sampai ambruk,” ujarnya.

“Kedua warga saya itu mengalami luka yang cukup serius, bahkan Engkom mengalami luka serius dibagian wajah dan kepala. Sehingga harus mendapatkan perawatan medis,” kata dia
Lanjut dia, usai evakuasi korban, aparat desa dibantu TNI dan BPBD membersihkan material longsor serta barang milik korban agar tidak terkena air hujan.

“Kerugian yang diakibatkan robohnya TPT yang menimpa rumah kurang lebih sebesar Rp 40.000.000,” kata dia.

Menyikapi kondisi saat ini, pihaknya mengajak semua warga selalu waspada. Apalagi, Salawu merupakan daerah yang masuk kategori rawan longsor.

“Warga yang rumahnya berada di lokasi rawan bencana diminta selalu siaga dan waspada bencana apabila hujan turun kembali di kawasan Tasikmalaya,” kata dia menambahkan. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.