Tegang dan Seru Hingga Akhir Waktu

9

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia dikalahkan Qatar dalam pertandingan lanjutan Grup A Piala U-19 Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu, yang berakhir dengan skor 6-5.

Dengan demikian ada 11 gol yang tercipta. Enam gol Qatar dicetak oleh Hashim Ali (7?, 51?), Abdulrasheed Umaru (14?, 41?, 56) dan Mohammed Waad (24?). Sementara di kubu Indonesia Todd Ferre menorehkan trigol pada menit ke-65, 72, dan 80, serta dua gol lainnya yang ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28), Saddil Ramdani (68).

Skor 6-5 tersebut membuat Indonesia sementara berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, tetapi unggul selisih gol dari Qatar yang berada di posisi ketiga. Di posisi pertama ada Uni Emirat Arab dengan enam poin dan juru kunci dihuni Taiwan.

Indonesia sejatinya memulai laga dengan baik. Menerapkan umpan-umpan pendek dan mencoba menguasai laga, Indonesia sempat membuat pertahanan Qatar kewalahan pada lima menit awal pertandingan.

Namun, situasi berubah pada menit ke-11 setelah bek Qatar Hashim Ali mencetak gol ke gawang Indonesia. Gol terjadi setelah bek Nurhidayat Haji Haris gagal mengantisipasi umpan dari sisi kiri pertahanan Indonesia yang membuat bola sampai ke kaki Hashim.

Setelah gol itu, barisan pertahanan Indonesia tampak gugup dan kembali melakukan kesalahan di menit ke-14. Penyerang Qatar Abdulrasheed Umaru sukses memanfaatkan itu untuk mencetak gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Indonesia yang terus berusaha mendapatkan gol justru lagi-lagi kebobolan pada menit ke-24. Kali ini Mohammed Waad yang mencatatkan namanya di papan skor setelah bola hasil tendangan jarak jauhnya membentur tubuh Nurhidayat Haji Haris dan masuk ke gawang Indonesia yang dikawal Muhamad Riyandi.

Anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri baru dapat memperkecil jarak menjadi 1-3 usai Muhammad Luthfi menjebol gawang Qatar dari tendangan bebas dari luar kotak penalti di menit ke-28.

Sempat mendapatkan kesempatan mencetak gol di menit ke-31 melalui Egy Maulana Vikri, Indonesia menelan pil pahit pada menit ke-41 karena sepakan keras Abdulrasheed Umaru melesak mulus ke gawang Muhamad Riyandi. Tak ada gol lain tercipta setelahnya. Indonesia tertinggal dengan 1-4 hingga pertandingan memasuki masa jeda.

Enam menit babak kedua berjalan, Qatar menghadirkan gol melalui Hashim Ali yang menjadi gol keduanya di partai tersebut. Lima menit kemudian, giliran Abdulrasheed yang mencetak gol ketiganya di pertandingan tersebut dan membuat skor menjadi 6-1.

Akan tetapi, ketika pertandingan seolah usai dengan kekalahan telak untuk Indonesia, skuat Garuda Nusantara seolah bangkit dari tidurnya dan mencetak empat gol tambahan.

Diawali gol via tendangan bebas Todd Ferre, yang masuk menggantikan Rafli Mursalim, di menit ke-65. Indonesia kemudian kembali menorehkan gol, juga dari tendangan bebas di menit ke-68 yang dieksekusi Saddil Ramdani.

Todd Ferre menunjukkan kelasnya di menit ke-72. Meliuk-liuk di antara pemain Qatar, dia berhasil menemukan ruang untuk menembak bola yang masuk ke gawang yang dijaga kiper Salah Zakaria.

Pertandingan semakin panas dan sorak sorai penonton makin keras terdengar seiring skor yang sudah 6-4. Terus menekan, Indonesia menciptakan gol lagi di menit ke-80, gol ketiga dari Todd Ferre.

Dalam kedudukan 6-5, laga beberapa kali dihentikan kaarena pemain Qatar terjatuh dan meminta bantuan, diduga kram.

Tensi yang semakin tinggi di sisa laga membuat hampir seluruh penonton berdiri dari bangkunya berharap ada gol lainnya dari Indonesia. Akan tetapi, tak ada gol tambahan sampai akhir pertandingan. Skor tetap 6-5 untuk kemenangan Qatar. (ant/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.