Tekad IBI Ciamis Tekan Angka Stunting

198
0
PELANTIKAN. Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Ciamis periode 2018-2023 resmi dilantik. Mereka berjanji akan membantu menekan angka stunting di masyarakat, Selasa (3/3).   IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Ciamis menyatakan kesiapannya membantu dalam menyelesaikan persoalan stunting dan keberlangsungan program jaminan kesehatan nasional (JKN).

Hal itu terungkap dalam Pelantikan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Ciamis periode 2018-2023 di Auditorium STIKes Muhammadiyah Ciamis, Selasa (3/3).

Baca juga : Listrik Konslet, Rumah Warga Panjalu Ciamis Hangus Terbakar

Ketua IBI kabupaten Ciamis Yussi Agustina SST MM mengatakan, IBI merupakan satu-satunya organisasi bidan di Indonesia serta berani mengatakan bahwa bidan adalah garda terdepan di masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya anak dan persalinan.

Kemudian IBI juga mendukung program pemerintah saat ini. “Perhatian pemerintah dalam kurun waktu lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia,” katanya.

Lanjut dia, terkait sumber daya manusia, ada dua isu kesehatan utama yang menjadi perhatian Kemenkes RI, yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Pembangunan kesehatan juga memperjuangkan tiga pilar, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional, melalui kegiatan promotif dan preventif seperti gerakan masyarakat hidup sehat dan Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK).

Kata Yussi sebagai tenaga kesehatan orientasi utamanya adalah bagaimana masyarakat mendapat pelayanan terbaik dan berkualitas. Berdasarkan hasil riset, lebih dari 80 persen ibu bersalin dilayani oleh bidan. Namun, bidan tidak bisa menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Karena untuk menekan jumlah tersebut harus ada sinergi dengan semua stakeholder.

“Terima kasih kepada teman-teman sejawat bidan atas kontribusi dan pelayanan yang telah diberikan, semoga bidan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya kesehatan ibu dan bayi di Indonesia,” harapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan membatu baik moril maupun materi kepada IBI Cabang Ciamis, semoga IBI semakin jaya dan keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya, menambahkan. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.