Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Tekan Angka Tunggakan Iuran BPJS di Cigalontang

97
0
MENCATAT. Kader BPJS JKN-KIS Kecamatan Cigalontang Aep Saepuloh mencatat soal tunggakan iuran di wilayahnya, Rabu (6/2).ISTIMEWA

CIGALONTANG – Kader BPJS JKN-KIS Kecamatan Cigalontang Aep Saepuloh mengatakan kesadaran masyarakat untuk membayar iuran masih rendah. Itu terbukti dengan banyaknya tunggakan yang bisa mencapai tiga tahun.

“Kami sangat menyayangkan sekali masih banyaknya yang menunggak iuran BPJS. Termasuk dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di bidang pendidikan dan tenaga kesehatan,” ujarnya kepada Radar, Rabu (6/2).

Kata dia, keberadaan BPJS ini sangat penting dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat. Namun, di lapangan masih banyak sekali yang menunggak iuran hingga bertahun-tahun. Cigalontang menjadi nomor satu se-Kabupaten Tasikmalaya yang jumlah tunggakan warganya sangat tinggi.

“Alhamdulillah setelah dilakukan pendekatan dan sosialisasi secara masif dari jumlah warga yang menunggak sebanyak 900, kini dalam waktu empat bulan tinggal 600 lagi. Itu akan terus kami sosialisaikan terkait pentingnya BPJS dan membayar iuran,” terangnya.

Menurut dia, para peserta BPJS tidak perlu bingung soal cara pembayaran iuran setiap bulannya. Tinggal kesadarannya saja membayar iuran tersebut. Selain itu, Aep juga menyosialisasikan BPJS terkait prosedur penggunaannya. Karena selama ini masih banyak masyarakat yang belum paham.

“Misalnya untuk penggunaan fasilitas kesehatan (faskek). Warga banyak yang berobat langsung ke faskes B tanpa mendapatkan rujukan dari faskes A, sehingga akan dikenai biaya. Padahal dalam prosedurnya harus ke faskes A dulu,” jelasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.