Tekan Harga Jelang Pergantian Tahun

43
0
OPERASI PASAR. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya menggelar operasi pasar murah (OPM) di Pasar Cikurubuk, Rabu (21/11).
Loading...

MANGKUBUMI – Mengantisipasi lonjakan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya menggelar operasi pasar murah (OPM) di beberapa titik pasar tradisional. Tim yang tergabung dari Bank Indonesia, Bagian Ekonomi Setda, Satgas Pangan, Bulog dan PD Pasar Resik itu mulai membuka stan pasar murah di Pasar Cikurubuk, Rabu (21/11).

Manager Unit Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Tasikmalaya Yusi Yuliana mengatakan OPM merupakan salah satu upaya untuk menstabilkan harga bahan pokok masyarakat. Sebab, disinyalir menjelang natal dan pergantian tahun mendatang ada beberapa komoditas pangan yang harganya mulai berangsur naik. “Saat ini sudah ada beberapa komoditi pangan yang harganya mulai naik. Supaya tidak terus naik secara signifikan, maka kita gelar operasi pasar murah,” ungkapnya di sela kegiatan.

Menurutnya, dari data historis pada momen akhir tahun kerap terjadi kenaikan harga yang berdampak terjadinya inflasi. Dua bulan terakhir ini, angka inflasi di Tasikmalaya terbilang masih rendah. Pada Oktober angka inflasi 0,05 persen. Sementara terjadi deflasi di September lalu sekitar 0,27 persen karena adanya beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga. “OPM ini akan digelar selama enam hari, 21 sampai dengan 26 November, yakni dua hari di Pasar Cikurubuk, dua hari di Pasar Pancasila serta dua hari di GOR Setiamulya Tamansari,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Bina Sumber Daya Alam Pertanian Bagian Ekonomi Setda Kota Tasikmalaya Tita Sugiharti menjelaskan dalam OPM masyarakat bisa mendapatkan sejumlah komoditas bahan pokok dengan harga di bawah pasaran. Seperti telur Rp 20.500 per kilogram, minyak sayur Rp 12 ribu per liter, daging Rp 80 ribu per kilogram, beras premium Rp 11.500 per kilogram. “Kita harap hadirnya OPM menjelang pergantian tahun harga di tengah masyarakat bisa stabil. Stok pangan pun terjamin dan mencukupi,” tutur dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.