Telat dan Kurang Bayar Pajak Bisa Disanksi

108
0
Dr H Iwan Saputra

SINGAPARNA – Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya menerima laporan adanya pemerintahan desa (pemdes) yang telat dan kurang dalam membayar pajak. Bila persoalan tersebut terjadi karena unsur kelalaian desa bersangkutan akan disanksi.
Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE MSi mengatakan adanya keterlambatan dan kekurangan pembayaran pajak itu diketahui dari laporan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tasikmalaya.
Maka dari itu, Iwan mengingatkan agar kepala desa menghitung kembali uang setor pajaknya agar sesuai dengan kewajibannya. Memang penghitungan pajak ini selalu menjadi kendala pada kades. Namun pihaknya belum mengecek mengenai kendala sebenarnya. “Kalau lalai pasti ada sanksi. Apalagi adanya undang-undang pajak,” tutur dia.
Melihat kondisi tersebut, tahun ini, Inspektorat akan mengadakan pembinaan kepala desa mengenai penghitungan pajak.
Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya Agianto Ahmad Tahir SSTP MSi menyatakan sampai saat ini belum diketahui nama desa yang belum dan kurang dalam membayar pajaknya. “Nanti akan kami panggil sekretaris desanya untuk dilihat laporan APBDS-nya. Sehingga nanti bisa dilihat desa mana yang belum membayar pajak,” katanya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.