Temukan 2.050 Pemilih Ganda

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan rapat koordinasi pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bersama partai politik (parpol), Bawaslu dan unsur terkait lainnya di Aula Hotel Priangan Jalan Yos Sudarso, Selasa (11/9). Dari rakor ini ditemukan ada 2.050 data pemilih ganda.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim SAg MSi menerangkan dalam daftar pemilih telah ditemukan ada daftar pemilih ganda antardesa.

Soal pemilih ganda ini ditanggulangi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing. Hasil evaluasi dalam rakor ini juga ada data laki-laki dan perempuan yang dicoret.

“Makanya rakor ini dibuat untuk dipergunakan dalam rangka penyempurnaan,” tutur dia kepada Radar, kemarin.

Hasil rekapitulasi DPT tingkat nasional yang dilakukan KPU RI pada 5 September, terang dia, diketahui ada 1.636 data pemilih ganda di Ciamis. Lalu, Bawaslu kabupaten/kota se-Jawa Barat juga melaksanakan rakor bersama menganalisis DPT pada 10 September. Hasilnya diketahui ada 2.050 pemilih ganda.

Sementara, kata dia, hasil self assessment KPU Kabupaten Ciamis tidak jauh berbeda dengan analisis Bawaslu yakni 2.050 pemilih ganda. Jumlah tersebut terdiri dari 1.071 pemilih laki-laki dan 979 pemilih perempuan.

Lalu, pihaknya mencoret 475 pemilih laki-laki dan 517 pemilih perempuan. Total yang dicoret 992 pemilih.

“Penghapusan data ganda diketahui, dilakukan bersama dengan Bawaslu kabupaten kota dan parpol sesuai tingkatannya,” jelasnya.

Kikim ingin menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak agar persiapan dan pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik.

Dia juga mengingatkan kepada peserta pemilu agar tidak melaksanakan kampanye sebelum waktunya. Kampanye itu akan dijadwalkan setelah Daftar Calon Tetap (DCT) disahkan.

“Saya harap Bawaslu jangan sampai ada tebang pilih. Perlakukan sama semua. Saya mohon kerja samanya,” kata dia.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Ciamis Jajang Miftahudin menerangkan evaluasi itu untuk mendapatkan DPT riil. Hasil rakor ini akan disampaikan ke Bawaslu Jabar.

“Pada dasarnya kita dari Bawaslu Kabupaten Ciamis sudah clear,” terangnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Sofwan Ismail menyatakan pihaknya yakin munculnya pemilih ganda itu bukan kesengajaan yang dilakukan penyelenggara pemilu.

“Kami mengapresiasi KPU yang telah bekerja keras, ikhtiar. Mudah-mudahan DPT Pemilu 2019 bisa cepat rampung,” tutur dia. (isr)

loading...