Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Temukan Cacing Hati di Lima Hewan Kurban

24
0

BANJAR – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar menemukan cacing pada hati sapi yang dikurbankan di empat wilayah di tiga Kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Pataruman, Banjar dan Purwaharja.

“Kami menemukan adanya fasciolosis (cacing hati) pada sapi yang sudah dipotong. Jumlahnya ada lima ekor yang kedapatan ada cacing hatinya, itu tersebar di tiga kecamatan,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Banjar drh Iis Meilia Selasa (13/8).

Sapi yang ditemukan mengidap penyakit cacing hati itu berasal dari luar Kota Banjar. Sapi-sapi itu dikirim dari luar untuk dijadikan hewan kurban oleh masyarakat Banjar.

“Kalau sapi yang dipelihara peternak lokal mah insyaallah bebas cacingan, karena peternak lokal kita mah kesadaran akan pemberian obat cacing terhadap ternaknya sudah bagus. Yang ada cacing hatinya itu berasal dari luar daerah. Untuk hati yang terdapat cacing didalamnya sudah kami imbau untuk tidak dikonsumsi, agar dimusnahkan atau dikubur saja,” kata Iis.

Imbauan itu berlaku untuk hati sapi saja yang mengandung cacing. Selain itu, seperti daging dan sebagainya bisa dikonsumsi.

“Hanya hatinya saja yang kita imbau untuk tidak dikonsumsi karena karena apabila termakan oleh manusia dikhawatirkan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.