INDONESIA -U23 vs UEA -U23

Tenang, Jangan Terprovokasi

4
Sejumlah pemain tim Nasional Indonesia saat sesi latihan bersama rekan-rekannya menjelang lawan Uni Emirat Arab di Lapangan ABC Gelora Bung Karno Jakarta, kemarin, Kamis (23/8/2018).FOTO:Dipta Wahyu/Jawa Pos

JAKARTA – Ranking FIFA Uni Emirat Arab (UEA) jauh di atas Indonesia. Jangan lupakan juga mereka pernah tampil di Piala Dunia 1990.

Jadi, meski hanya finis di posisi ketiga saat fase grup Asian Games 2018, tim yang ditangani Magiet Skorza itu datang dari tradisi sepak bola yang kuat. Tapi, asisten pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-23 Bima Sakti menegaskan, semua itu tak boleh jadi beban bagi Hansamu Yama Pranata dkk. “Yang terpenting bagi kami berlatih keras dan harus fokus,” katanya kemarin.

Indonesia yang lolos ke 16 Besar dengan status juara grup akan meladeni UEA sore nanti. Ini laga pertama Indonesia sepanjang Asian Games yang di helat sore.
Dan, untuk kali pertama pula tampil di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi.

Meski main sore, di hari kerja pula, Bima sangat berharap suporter bisa tetap datang mendukung. Sebab, gelora dukungan “pemain ke-12” itu dia anggap bisa jadi salah satu senjata ampuh. Seperti terlihat sepanjang fase grup. Terutama saat melawan Hongkong di laga terakhir.

“Kami merasakan sekali bagaimana dukungan suporter jadi pemain ke-12 bagi tim ini,’’ jelasnya.
Zulfiandi juga berharap dukungan kepada rekan-rekannya di lapangan tidak berkurang ketika melawan UEA. “Teriakan suporter membuat kami makin termotivasi. Yang awalnya cuman 80 bisa jadi 100 persen,’’ paparnya.

Di pihak lawan, persiapan menghadapi Indonesia dilakukan dengan tertutup selama dua hari terakhir. Dalam latihan di Lapangan Badan Perbekalan TNI, Jakarta Utara, kemarin sore, misalnya, media hanya diizinkan mengambil gambar di 15 menit awal.

Saat para pemain UEA tak melakukan apa-apa. Hanya berdiri di tengah lapangan. Dan, sebagian masih mengenakan sepatu. Wawancara ke pelatih dan pemain, sebelum atau sesudah latihan, tentu saja juga tidak dilayani

Media Officer Timnas UEA Salim Alnaqbi meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut. ’’Kami melawan tuan rumah. Jadi, kami tidak mau ada masalah dengan strategi,’’ katanya. (rid/ttg/jpg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.