Tentara Tiongkok Keluyuran di Pasar

251
0
Memang ada WNA asal Tiongkok yang mengenakan seragam tentara saat berbelanja di sebuah pasar di Riau. Tapi, dia bukan anggota militer Tiongkok. Pria bernama Tan Jianwu itu adalah pekerja PT Riau Perkasa Steel.

Beberapa hari terakhir netizen heboh membicarakan foto sosok pria berseragam pakaian tentara Tiongkok yang keluyuran di pasar. Aksi pria itu memunculkan berbagai spekulasi, terutama di kalangan kelompok-kelompok yang menyuarakan sentimen “anti-China”.
Pria dengan pakaian tentara Tiongkok itu tertangkap kamera warga sedang berada di Pasar Ulul Albab, Jalan Pasir Putih, Kabupaten Kampar, Riau. Entah siapa yang mengunggah kali pertama. Yang pasti, foto itu sudah bertebaran di Facebook dengan berbagai narasi.
Salah satu penyebar informasi tersebut yang didapat Jawa Pos ialah akun Facebook Ernie Putri Tasina. Pada 24 Desember 2017, dia membagikan foto pria berpakaian tentara Tiongkok. Dia mengaku mendapatkan foto itu dari temannya. “Lokasi Pasar Ulul Albab Jalan Pasir Putih, Kabupaten Kampar, Riau. Logika: masak ada tentara Indonesia jalan-jalan ke negara lain pakai seragam,” tulis akun tersebut.
Ada juga komentar bernada hasutan yang disampaikan pengguna Facebook Akhyar Anis ketika dia membagikan foto yang sama. “APA MEREKA MAU MENGHANCURKAN REPUBLIK INI DARI DALAM DENGAN MENYAMAR SEBAGAI TENAGA KERJA,” tulis Akhyar Anis pada 24 Desember 2017.
Polisi dan TNI langsung merespons merebaknya kabar yang penuh penafsiran dan spekulasi itu. Dikutip dari Riau Pos (Radar Tasikmalaya Group), Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa langsung memerintah anggotanya untuk melakukan penyelidikan guna memastikan kebenaran foto tersebut.
“Kemudian, didapatlah informasi bahwa warga negara asing (WNA) tersebut adalah karyawan di PT Riau Perkasa Steel (PT RPS) yang beralamat di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kampar,” kata Kompol Vera. Selanjutnya, Vera berkoordinasi dengan Danramil 06 Siak Hulu Kapten Hadi Prayetno. Mereka bersama menemui WNA tersebut di PT RPS untuk mengecek langsung kebenaran informasi tersebut pada Sabtu (23/12).
Kepada Kapolsek dan Danramil, PT RPS menerangkan bahwa yang mengenakan pakaian menyerupai seragam TNI itu memang benar adalah karyawannya. Berdasar data Kementerian Ketenagakerjaan (IMTA), nama pria itu Tan Jianwu (37).
Pria yang bekerja sebagai mechanical engineer tersebut tinggal di Jalan Raya Pasir Putih KM 6,5, Desa Baru, Siak Hulu. Tan Jianwu mengakui dirinya menggunakan seragam tentara pada Minggu 17 Desember 2017. Saat itu dia sedang berbelanja sembako untuk keperluan sehari-hari.
Menurut dia, baju tersebut didapat ketika berada di Tiongkok. Tan Jianwu mengaku tidak tahu baju itu tidak boleh dipakai karena menyerupai seragam TNI. Dia sendiri biasa menggunakan baju tersebut di lokasi kerja.
Danramil 06 Siak Hulu kemudian meminta kepada PT RPS untuk melarang karyawannya menggunakan pakaian menyerupai seragam TNI. Baik di lingkungan perusahaan maupun saat keluar. “Yang bersangkutan bukan tentara, melainkan pekerja legal di salah satu perusahaan yang berada di Siak Hulu #bacadulubarukomen,” tulis Kapolsek Vera Taurensa melalui akun resmi Facebook-nya, www.facebook.com/taurensa. (gun/c17/fat)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.