Terapi Nyeri Lutut, Sertakan Olahraga

72
0
USAI WAWANCARA. Tenaga ahli fisioterapi Klinik Utama Saraf Medika Sesty Dian Rahmita Amd.Ftr saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
USAI WAWANCARA. Tenaga ahli fisioterapi Klinik Utama Saraf Medika Sesty Dian Rahmita Amd.Ftr saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

BANJAR – Sakit pada lutut tentu menghambat aktivitas. Sakit tempurung lutut tersebut dapat diobati dengan terapi khusus.
Tenaga ahli fisioterapi Klinik Utama Saraf Medika Sesty Dian Rahmita Amd.Ftr mengatakan terapi dilakukan untuk memperkuat otot kuadrisep, dan meregangkan otot hamstring atau paha belakang, serta otot betis alias kaki bagian bawah.

“Ligamen yang robek pada sekitar lutut memerlukan imobilisasi dan harus diikuti dengan terapi fisik secara aktif dan dilakukan secara bertahap,” ujarnya Sabtu (8/2).

Dia menjelaskan, setelah gejala-gejala sakit lutut berhasil disembuhkan dengan terapi, maka pasien bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan berolahraga supaya cidera pada lutut cepat sembuh.

Dengan membiasakan berolahraga dan menjaga berat badan, dapat mengurangi nyeri pada lutut dan mampu menjaga sendi dan mencegah kekakuan.

“Jika kita terlalu kelebihan berat badan, maka semakin banyak tekanan pada lutut, sehingga sangat penting untuk mengelola berat badan yang sehat dengan berolahraga tiap hari,” tuturnya.

Sebaiknya sebelum berolahraga, harus melakukan pemanasan dan peregangan setelah berolahraga. Hal itu, setidaknya dapat mencegah sakit pada lutut, karena biasa terjadi dan itu dianggap sepele.

Loading...

“Jangan dianggap sepele, karena dampaknya nanti lutut cidera dan sakit sehingga kita tidak kuat untuk berjalan,” tuturnya.

Terang dia, ligamen yang terkilir bisa sembuh dengan sendirinya, seiring berjalannya waktu. Namun harus tetap ditambah dengan istirahat yang cukup, dan jangan lupa berolahraga serta mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Jika rasa sakit lutut tidak berkurang juga seiring berjalannya pengobatan, langkah terakhir dilakukan operasi. Tapi itu jarang, karena hanya dengan melakukan terapi secara rutin bisa cepat sembuh,” imbuhnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.