Terapkan Sekolah Ramah Anak

15

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Di tahun ajaran 2018/2019, SDN 2 Karangsambung Tasikmalaya Jalan KH Khoer Affandi Cibeureum Kota Tasikmalaya akan optimalkan program 3P yakni penampilan, pelayanan dan prestasi.

Kepala SDN 2 Karangsambung Tasikmalaya Yaya Suryana SPd mengatakan penampilan sekolah yang lebih baik dan bagus akan menjadi daya tarik, di samping warga sekolah juga makin betah ada di sekolah dan makin semangat untuk belajar.

“Kalau betah, maka semua warga sekolah akan merasa memiliki terhadap sekolah sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan memelihara sekolah,” tutur Yaya kepada Radar, Jumat (2/11). Untuk penampilan ini, tambah Yaya, pihaknya bersama komite sekolah sudah merancang untuk membenahi lingkungan sekolah. Di antaranya penataan taman sekolah meskipun taman kecil mengingat lingkungan sekolah yang sempit.

“Begitu juga dengan pelayanan, diharapkan dengan penampilan sekolah yang makin baik, maka pelayanan guru kepada siswa ataupun sekolah kepada siswa dan guru semakin maksimal. Baik dalam aspek pembelajaran maupun luar pembelajaran,” ungkapnya.

Yaya yakin dengan penampilan dan pelayanan yang optimal maka prestasi juga akan ikut meningkat. Sejauh ini, terangnya, penampilan sekolahnya masih belum optimal namun prestasi sudah banyak diraih, mulai dari prestasi pidato Tingkat Kota Tasikmalaya dan lain-lain.

“Alhamdulillah untuk prestasi sekolah ada beberapa bidang yang menonjol, selain pidato juga dalam bidang olahraga. Dengan fasilitas dan kondisi lingkungan yang serba terbatas, namun semangat siswa serta guru sangat besar,” ungkapnya.

Selain optimalkan 3P, Yaya juga tengah mengembangkan konsep sekolah ramah anak, di mana segala fasilitas yang ada di sekolah harus menjamin keselamatan anak. Mulai dari jajanan kantin yang sehat serta keselamatan siswa saat memasuki lingkungan sekolah.

“Dengan lokasi sekolah yang ada di pinggir jalan raya, kami harus menjamin keselamatan siswa masuk dan keluar sekolah. Oleh karena itu, di jalan ada rambu-rambu, namun untuk rambu ini masih jauh dari standar. Misalnya untuk tanda rambu hati-hati juga hanya ada satu itu pun sudah rusak,” ungkap Yaya.

Untuk melengkapi keselamatan siswa dalam menyebrang jalan, Yaya berencana akan melakukan koordinasi dengan Polsek Cibeureum untuk membuat zona zebra cross sekolah sehingga saat kendaraan tidak terlalu ngebut saat melewati kawasan zona sekolah tersebut.

“Selain keselamatan dalam perjalanan ke sekolah, kami juga menjaga kondusifitas lingkungan sekolah seperti memberikan pengarahan dan bimbingan untuk siswa agar berteman dan saling menyayangi. Sehingga tidak ada perselisihan ataupun bullying,” ujarnya.

Yaya berharap dengan memaksimalan 3P dan penerapan sekolah ramah anak maka kualitas dan mutu pendidikan makin meningkat. Dia juga berharap ada partisipasi dari pihak luar untuk peningkatan sarana sekolah. “Kendala kita memang di aspek pendanaan, semoga makin banyak yang bantu,” harapnya. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.