Tergerus Air, Jembatan Penghubung 2 Desa di Panawangan Ciamis Ambruk

1279
0

CIAMIS  – Akibat tergerus air deras, jembatan yang melintasi Sungai Cimuncang 1, yang menghubungkan  Desa Jagabaya – Desa Bangunjaya  Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, terputus total, Kamis (12/11).

Jembatan yang berlokasi tepatnya antara Blok Babakan – Pasirbuntut itu ambruk sekitar pukul 01.00 dini hari.

Akibatnya, masyarakat tak bisa melintas jembatan yang setatusnya jalan kabupaten itu, hingga harus memutar ke jalan alternatif yang jarak tempuhnya mencapai 7 Km ke Kabupaten Kuningan.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, bagian bidang kerjasama asal Kecamatan Panawangan, Dimas Adrianto  mengatakan, jembatan tersebut terputus total akibat tergerus air  sungai yang cukup deras, mengingat hujan terus mengguyur kawasan tersebut.

“Jadi masyarakat dari kedua desa tersebut, harus memutar jalan sejauh tujuh kilo ke wilayah Kabupaten Kuningan,” ungkap Dimas.

Kata dia, jembatan Cimuncang  sepanjang delapan meter lebar 4 meter itu, kini sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan bahkan pejalan kaki.

Namun, masyarakat bergotong royong membikin jembatan sementara di pinggir jembatan yang terputus, yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki.

(iman s rahman)

Jembatan Cimuncang 1 terputus akibat  tergerus air. foto: istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.