Terima SK, Honorer K2 Akan Dapat Insentif

2342

CIPATUJAH – Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto menyerahkan surat keputusan (SK) penetapan penugasan bagi 1.904 tenaga honorer kategori 2 (K2) di Taman Wisata Sindangkerta, Cipatujah, Rabu (12/12).

Ade mengatakan pemberian SK ini merupakan perhatian terhadap perjuangan honorer K2 yang sudah mengabdi demi melayani masyarakat sejak lama. “Kita bersyukur karena ternyata rekan-rekan K2 kompak dan harus terus kompak,” terang Ade.

Kata Ade, memang menjadi sebuah kebijakan ketika menjabat sebagai wakil bupati dan menjalankan tugas bupati untuk mengisi Uu Ruzhanul Ulum yang sedang cuti. “Saya yang memperjuangkan, mengeluarkan dan menandatangani SK ini. Diharapkan K2 selalu kompak memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya Moch Zen menjelaskan honorer K2 yang mendapatkan SK meliputi tenaga guru, kesehatan, teknis, administrasi dan penyuluh pertanian. Turunnya surat keputusan ini menjadikan bahwa honorer K2 sudah diakui keberadaannya oleh pemerintah daerah.

Lanjut dia, ada pun dasar pemberian SK penetapan penugasan ini pertama dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir menjadi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Selanjutnya, terang dia, PP Nomor 58 tahun 2005 tentang Kewenangan Keuangan Daerah dan Perda Kabupaten Tasikmalaya Nomor 1 tahun 2016 tentang Tata Cara Pembentukan Produk Hukum Daerah dan Perda Nomor 3 tahun 2016 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

“Nantinya K2 ini akan mendapatkan perhatian lebih dari pemkab, baik dari sisi kesejahteraannya mau pun sertifikasinya. Tenaga honorer K2 yang diberi SK penetapan penugasan ini, yang terdaftar dalam data Badan Kepegawaian Negara (BKN) di pusat,” kata Zen.

Ketua Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I) Kabupaten Tasikmalaya Nasihin SPdI mengaku bangga turunnya SK terhadap seluruh honorer. ”2019 nanti K2 insyaallah mendapatkan insentif dari APBD, jumlahnya masih dalam pembahasan pemerintah daerah,” ungkapnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.