Terinspirasi Keberanian dan Optimisme Kartini

380
0
Loading...

SEBAGAI wanita karier yang berkecimpung di dunia pendidikan, sosok RA Kartini menjadi inspirasi bagi Renny Ressy. Ibu tiga orang anak ini berprinsip bahwa bekerja tidak hanya mencari penghidupan tapi bekerja itu harus penuh pengabdian.

“Saya bersyukur karena emansipasi yang diperjuangkan Kartini membuat kita wanita-wanita masa kini bisa mengejar pendidikan tinggi dan berkarier sesuai passion,” katanya.

Kartini modern adalah perempuan-perempuan tangguh yang selalu melakukan hal terbaik untuk dirinya maupun sekelilingnya.

Ada lima nilai-nilai Kartini yang dipegang teguh oleh Ressy. Di antaranya, sederhana, berani dan optimis, mandiri, berwawasan luas dan inspiratif. “Sederhana tak hanya terpancar dari penampilan, tapi sikap tidak membedakan-bedakan orang lain,” katanya.

Ressy mengaplikasikannya saat ia menjadi tim penguji eksternal UKK ke SMK-SMK. “Saya tak pandang bulu, mau sekolah besar atau kecil pun, mau dekat ataupun jauh, selama sekolah tersebut membutuhkan bantuan kita, ya kita jalani. Tanpa memikirkan cost, yang penting menebar manfaat sebanyak-banyaknya,” ujar Ressy.

Loading...

Lanjutnya, nilai-nilai Kartini yang paling Ressy sukai yakni berani dan optimis. “Perempuan harus berani mengejar cita-cita dan optimis bisa sukses, itu yang selalu saya tanamkan dalam diri saya,” katanya. Ressy selalu bekerja keras untuk mengejar kesuksesan dalam karier maupun keluarga.

Perempuan juga harus mandiri. “Mandiri bukan berarti kita tak butuh orang lain. Tapi selama mampu berusahalah untuk mengerjakan sesuatu dengan tangan sendiri, lakukanlah. Seperti Kartini yang begitu berani dan mandiri membangun sekolah perempuan. Perempuan harus punya sikap independent dan mandiri,” katanya.

Yang tak kalah penting, perempuan harus berwawasan luas. “Saat ini era teknologi, kita bisa memanfaatkan teknologi untuk menggali wawasan tentang banyak hal,” katanya. Perempuan harus punya kemauan untuk belajar dan teredukasi. “Perempuan pun harus menjadi sumber inspirasi, baik bagi keluarganya maupun orang lain,” ujarnya. Ciptakan inspirasi dari hal-hal positif yang dilakukan.

“Pesan bagi generasi muda saat ini, khususnya perempuan, jangan hanya bercita-cita saja, cita-cita harus dikejar dan diwujudkan, seperti semangat RA Kartini,” pungkasnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.