Terjerat Dugaan Kasus Pembangunan Buper, Kadispora Garut Divonis Satu Tahun Penjara

29
0
DISKUSI. Kadispora Garut Kus berdiskusi dengan kuasa hukumnya terkait vonis yang dijatuhkan kepadanya. Dia divonis satu tahun penjara. yana taryana / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut Kus diputus bersalah dan divonis hukuman satu tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Garut. Putusan tersebut terkait kasus pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) di kaki Gunung Guntur.

Dalam sidang vonis yang dilaksanakan Kamis (21/11), hakim ketua Hasanuddin memutus Kus bersalah karena terbukti melanggar Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 pasal 109 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Pasal 109 berbunyi setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan dipidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama tiga tahun dan denda paling sedikit Rp 1.000.000.000 dan paling banyak Rp 3.000.000.000.

Humas PN Garut Endratno Rajamai menyebut vonis satu tahun tersebut memang lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 1,5 tahun. Ada beberapa pertimbangan dari majelis hakim atas putusan itu. “Terdakwa kooperatif selama persidangan. Sedangkan yang memberatkan, terbukti bersalah atas tuntutan yang dilayangkan jaksa penuntut umum (JPU),” ucapnya.

Selain hukuman satu tahun penjara, Kus juga harus membayar denda sebesar Rp 1 miliar atau subsider empat bulan penjara. Sementara itu, usai pembacaan vonis, terdakwa masih pikir-pikir. “Kalau selama tujuh hari tidak ada jawaban, maka akan langsung dieksekusi,” katanya.

JPU Kejari Garut Fiki Mardani juga masih pikir-pikir atas putusan majelis hakim. Pasalnya, putusan majelis hakim lebih ringan ketimbang tuntutan JPU. “Kalau terdakwa banding, kami juga akan banding,” ucapnya.

Menanggapi ha­sil putusan, Kus me­ng­aku akan ber­kon­­­sultasi dulu de­­­ngan enam kuasa hukumnya. Ia menyebut pu­nya kesempatan un­­­tuk melakukan upa­ya hukum lain. “Berunding dulu sama pengacara. Pu­nya waktu seminggu akan dimak­simalkan,” ujarnya usai sidang. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.