Terjunkan Tim Medis, Siapkan Motor Ambulans

24
0
dr Maskut Farid Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut

TAROGONG KIDUL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut menyiapkan 30 sepeda motor ambulans yang akan disiagakan di jalur-jalur utama di wilayah Garut. Motor ambulans itu berfungsi untuk membantu mempercepat evakuasi warga yang membutuhkan penanganan medis saat terjebak macet selama operasi pengamanan Natal dan akhir tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Maskut Farid siap membantu polisi dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan menyiapkan tim medis dan peralatan penunjang lainnya. Dinkes Garut, lanjut dia, menyiapkan sepeda motor ambulans yang dilengkapi dengan peralatan medis penanganan awal bagi pasien sebelum dibawa menggunakan mobil ambulans. “Motor ambulans itu disiapkan di masing-masing puskesmas, jika dibutuhkan akan datang ke lokasi, lalu pasiennya dibonceng,” katanya kepada wartawan Kamis (26/12).

Khusus pengamanan Natal dan Tahun Baru, pihaknya pun menerjunkan tim medis yang siaga di pos utama, yakni di jalur Limbangan dan Kadungora. Seluruh puskesmas di Garut, kata dia, sudah diperintahkan siaga selama 24 jam melayani warga, khususnya pengguna jalan yang melakukan perjalanan saat libur Natal maupun Tahun Baru. “Di puskesmas ini ada dua dokter, satu siaga, perawatnya ada enam orang yang siap memberikan pelayanan,” ujarnya.

Ia menambahkan petugas medis dari Dinkes Garut juga disiagakan di tempat wisata untuk memberikan penanganan cepat apabila ada warga yang membutuhkan bantuan medis. “Sama di tempat wisata kita siaga, terutama di wisata yang ada poskonya,” ucapnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.