Terkendala Akses, Adukan ke Kanal FAQ

9

Hari pertama pembukaan pen­daftar­an seleksi Calon Pegawai Negeri Si­pil (CPNS) 2018 langsung dibanjiri pe­lamar. Sejak dibuka pa­da Rabu (26/9) pukul 00.01 hingga pukul 14.30 WIB ter­catat jumlah akun pelamar yang sudah teregistrasi mencapai 555.024.

Memang sampai sejauh ini belum ada kendala yang berarti dalam pro­­ses pendaftaran CPNS.

Namun, Ba­d­an Kepegawaian Negara (BKN) te­lah menyediakan Helpdesk SSCN 2018 yang bertujuan membantu pela­mar yang terkendala akses portal SSCN dan perihal informasi pendaftaran.

“BKN juga menyediakan Helpdesk SSCN 2018 yang berada di Gedung I Kantor Pusat BKN, Jl Letjen Sutoyo nomor 12 Jakarta Timur, yang dapat melayani pelamar,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan kepada Fajar Indonesia Network (FIN), di Jakarta, Rabu (26/9).

Untuk waktu pelayanan bagi para pelamar, dibuka pada saat jam kerja. Yakni, Senin – Kamis mulai pada pukul 08.30–15.00 WIB, istirahat pukul 12.00 -13.00 WIB. Jumat pukul 09.00–15.30 WIB dan istirahat pukul 11.30 WIB-13.00 WIB.

Dalam proses pengaduan, lanjut Ridwan, para pelamar sebelum datang ke Helpdesk SSCN 2018, pelamar dipersilakan mengunjungi kanal Frequently Asked and Questions (FAQ) di portal sscn.bkn.go.id yang memuat pertanyaan yang paling sering ditanyakan publik beserta solusinya. “Ini dilakukan agar dalam rangka proses seleksi CPNS tahun 2018 akan berjalan secara transparan, obyektif dan tanpa biaya,” ujarnya.

Jika nantinya ada oknum-oknum yang mencoba menawarkan jasa jalur masuk secara instan dengan sejumlah uang, dipastikan itu penipuan dan hoaks. Olehnya itu, pelamar hanya dipersilakan untuk mengikuti update terkini seputar rekrutmen CPNS 2018 melalui web resmi dan akun media sosial BKN dan instansi pembuka rekrutmen yang telah terverifikasi.

“Kalau ada yang menawarkan jasa dengan membayarkan sejumlah uang, kami pastikan itu penipuan dan hoaks, jangan dipercaya,” tegasnya.

Sekedar diketahui, hari pertama pembukaan pendaftaran CPNS, sedikitnya sejak pagi setidaknya sudah ada 30-40 masyarakat yang mengadu di posko aduan atau ‘helpdesk’. Jumlah tersebut diprediksi terus mengalami peningkatan. Didalam ruangan Helpdesk para pelamar akan dilayani oleh tiga petugas yang berjaga dilengkapi dengan masing-masing satu unit komputer.

Meski demikian, para pelamar yang mengadu tetap akan melalui proses seleksi sebelum akhirnya dipersilakan masuk di dalam ruangan dengan cara diberikan beberapa pertanyaan.

Hal-hal yang kebanyakan ditanyakan oleh calon pelamar adalah soal teknis pengisian form registrasi maupun pendaftaran di situs sscn.bkn.go.id. Contohnya seperti tidak dapat melakukan print formulir, lalu pengisan kolom seperti NIK (nomor induk kepegawaian) dan email yang terbolak-balik. (hrm/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.