Terkendala Jarak, Penyaluran Beras PKH di Garut Terlambat

38
0
RASTRA. Warga menunjukkan beras sejahtera yang diterimanya. Warga berharap kualitas rastra ini diperhatikan.

TAROGONG KIDUL – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Garut menyatakan, belum semua masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) menerima bantuan beras.

Hal itu karena, pendistribusian beras tahap pertama belum semuanya beres dilakukan, karena terkendala jarak pengiriman.

“Sampai saat ini distribusi beras masih belum 50 persen, karena adanya kendala jarak dalam penyaluran,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut Ade Hendarsah di kantornya, Jumat (2/9).

Menurut dia, penyaluran beras ini merupakan program Kementerian Sosial. Dalam program ini, pihaknya telah menyiapkan beras kualitas medium untuk 140.778 keluarga atau masyarakat penerima manfaat PKH yang tersebar di 42 kecamatan.

Masing-masing keluarga akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 15 kilogram per bulan selama tiga bulan untuk tahap pertama pendistribusian yakni Agustus, selanjutnya September dan Oktober dalam rangka meringankan beban kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi mereka akan mendapatkan beras 15 kilo per bulan selama tiga bulan, dan untuk bulan ini belum semuanya didistribusikan,” katanya.

Baca juga : Tekan Sebaran Corona, Pemkab Garut Tambah Petugas Analis Laboratorium

Ia menyampaikan, kondisi geografis yang jauh dari perkotaan termasuk akses jalan yang sulit menjadi kendala utama dalam pendistribusian beras ke daerah penerima manfaat program itu.

Bahkan, ada satu daerah yang memerlukan waktu seharian dari titik awal pendistribusian sampai ke perkampungan masyarakat penerima manfaat program.

“Makanya petugas di lapangan memperhitungkan jarak dulu, karena ada daerah yang dari sini (perkotaan Garut) siang, sampai ke sana (Garut Selatan) bisa malam,” katanya.

Meski ada kendala masalah jarak tempuh, kata dia, dipastikan beras bantuan itu diantar perusahaan angkutan pengiriman yang ditunjuk oleh pemerintah pusat.

Ia mengimbau masyarakat penerima manfaat PKH di Garut untuk sabar, terutama yang lokasinya jauh dari perkotaan Garut. “Kami di sini, di daerah, bertugas untuk memastikan berasnya dari sisi pendistribusian maupun kualitas,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.